Mediacenter

Rudi Hasibuan, Penerima Penghargaan Penyuluh Pertanian di Tingkat Nasional

Rudi Hasibuan, seorang penyuluh yang peduli dan berdedikasi, telah meraih penghargaan sebagai Penyuluh Terbaik dari BPP Sei Rejo Kabupaten Serdangbedagai dalam program (SIMURP). Dengan kerja keras dan komitmennya, Rudi telah memberikan kontribusi luar biasa dalam meningkatkan produktivitas dan pendapatan petani di lokasi SIMURP.

Program Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) merupakan suatu inisiatif yang bertujuan untuk melakukan modernisasi pada sistem irigasi yang strategis dan mendesak. Program ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan air irigasi dan mendukung rehabilitasi infrastruktur irigasi yang kritis.

Tujuan utama dari SIMURP adalah meningkatkan produktivitas pertanian, efisiensi penggunaan air, dan kesejahteraan petani melalui modernisasi infrastruktur irigasi. Proyek ini mencakup langkah-langkah seperti pengenalan teknologi irigasi yang lebih canggih, pemeliharaan dan perbaikan infrastruktur irigasi yang sudah ada, serta peningkatan kapasitas petani dalam pengelolaan sumber daya air.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat menghadapi tantangan perubahan iklim dan meningkatkan ketahanan pangan melalui pemanfaatan sumber daya air yang lebih efisien. Selain itu, urgensi rehabilitasi infrastruktur irigasi menjadi fokus untuk memastikan kelancaran sistem pengairan di berbagai daerah pertanian.

 

Rudi Hasibuan adalah penyuluh pendamping  dari Kelompok Tani Mekar Jaya yang aktif dalam usaha meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian. Mereka fokus pada strategi penekanan biaya produksi dengan memanfaatkan bahan organik dan menerapkan teknologi Pertanian Cerdas Iklim (CSA). Selain itu, inovasi terbaru mereka adalah penerapan teknologi “TABELA Legowo 2 : 1” untuk menambah jumlah tanaman dalam upaya peningkatan produksi dan penghematan biaya produksi.

Penghargaan ini adalah bukti nyata atas ketekunan Rudi dalam menerapkan praktik-praktik pertanian yang ramah lingkungan dan adaptif terhadap perubahan iklim global. Melalui inisiatifnya, Rudi dan tim penyuluh lainnya telah berhasil mencapai standar tertinggi dalam membantu petani menghadapi tantangan perubahan iklim.

Dalam menyemangati penyuluh pertanian dalam pendampingannya pada kelompok tani, tanggal 24 April 2023, Bupati Serdangbedagai menyampaikan akan memberikan reward  program Umroh bagi penyuluh pertanian yang berhasil meningkatkan hasil produksi padi diwilayah kerjanya dari 6 ton ke 7-8 ton. Dan hal tersebut telah dicapai, dimana semula produksi petani di kelompok tani Mekar Jaya yang sebelumnya hasil panen dari 6,8 ton perhektar kini mencapai 8 ton perhektar.

Kita mengucapkan selamat atas prestasi gemilang Rudi Hasibuan dalam memberikan sumbangsih yang tak ternilai dalam memajukan sektor pertanian. Semoga prestasi ini menjadi inspirasi bagi banyak orang dalam mewujudkan pertanian yang berkelanjutan dan adaptif terhadap perubahan iklim.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Latest Posts