Lakukan Sosialisasi dan Pengelolaan SPAM Dengan Baik Agar Tepat Sasaran

Sei Rampah, Dengan selesainya pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan bangunan pendukung di Ibu Kota Kecamatan (IKK) Sei Rampah, maka masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) akan memiliki Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) yang dapat dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu, Pemkab Sergai menyambut baik dan sangat bersyukur dengan dibangunnya SPAM yang berkapasitas 50 liter/detik ini. Hal ini merupakan sebuah bentuk  kemajuan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Hal ini dikemukakan  Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang didampingi Wabup Darma Wijaya saat melakukan uji coba IPA IKK Sei Rampah di Belidaan Desa Simpang Empat Kecamatan Sei Rampah, Selasa (14/2).

Hadir juga pada uji coba tersebut Sekdakab Drs. Hadi Winarno,MM, Kepala Bappeda Ir. Hj. Prihatinah, M.Si, Kepala Satuan Kerja (Satker) Ditjen Cipta Karya Popy Pradianti Hastuty, ST, Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumut II Suwardi,  Camat Sei Rampah Haparuddin Saragih, perwakilan SKPD serta undangan lainnya.

Selanjutnya Bupati Soekirman menjelaskan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melaksanakan pembangunan, pertama pandangan teknokratis yaitu bangunan harus dikerjakan oleh orang yang ahli dibidangnya. Kedua pandangan legislasi adalah membuat suatu perencanaan pembangunan dari yang belum jelas hingga menjadi jelas dan terukur dan ketiga pandangan publik yaitu kedekatan lembaga dengan masyarakat harus terjalin dengan baik.

Untuk itu,Bupati Sergai menghimbau agar setelah dilakukan penyerahan pengelolaan oleh Ditjen Cipta Karya, maka pengoperasiannya dapat disosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat Sergai. Khususnya bagi masyarakat yang tinggal di Kecamatan Sei Rampah dan sekitarnya sehingga tepat sasaran, ujar Soekirman.

Senada dengan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Wabup Darma Wijaya juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Satker Cipta Karya yang telah menyelesaikan proses pembangunan SPAM IKK Sei Rampah ini. “kami berharap dalam pengelolaannya ditangani oleh SDM yang handal dan kerjasama ini terus berlanjut,”harapnya.

Sebelumnya Kepala Satker Ditjen Cipta Karya Popy Pradianti Hastuty, ST kodalam paparannya mengemukakan bahwa SPAM ini diperkirakan mampu untuk memenuhi kebutuhan air minum sebanyak 4.000 Sambungan Rumah (SR) atau setara dengan 20.000 jiwa.

Dijelaskan oleh Popy bahwa akses air minum di Kabupaten Sergai pada tahun 2014 adalah 61,44% (BPS 2015) dari total jumlah penduduk. IKK Sei Rampah sebagai Ibu Kota Kabupaten Serdang Bedagai sebelumnya belum memiliki SPAM jaringan perpipaan sehingga masyarakat menggunakan sumur untuk memenuhi kebutuhan air minum. (Mc Serdang Bedagai/febri)

 

889 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *