Pemkab Sergai Raih Prestasi Literasi

 Serdang Bedagai , Kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai ( Pemkab Sergai) dan Program USAID Prioritas mulai pada September 2013. Kerjasama ini meliputi peningkatan  mutu  pendidikan dasar baik dari aspek pembelajaran, manajemen sekolah, budaya membaca, distribusi guru dan  kebijakan perencanaan pembangunan pendidikan.  Progam kerjasama ini akan berakhir 2017, namun Pemkab Sergai memastikan akan terus mengadopsi program ini. Acara ini dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan (Disdik)  Kabupaten Sergai di Seirampah, Jum’at (17/3).

 

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya, Ketua DPRD Kab.Sergai Syahlan Siregar ST, Kertua Tim Evaluasi Bersama Nitika Tolani, Ph.D,  Kadis Pendidikan Sergai Drs. Joni Walker Manik,MM, Kepala Kemenag Sergai Dr Safi’i MA, Koordinator USAID Prioritas Sergai Firman Kursin.

 

“Kerjasama dengan USAID Prioritas ini sejalan dengan visi kami untuk mewujudkan Segai yang Unggul, Inovativ dan Berkelanjutan dalam bentuk yang lebih spesifik,” ujar Wakil Bupati.

 

Wakil Bupati mengungkapkan, kami menyadari betul untuk membangun Sergai yang unggul, inovatif dan berkelanjutan, dibutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang baik, hanya dengan menyediakan pendidikan bermutu, kami bisa menghasilkan SDM yang baik.

 

“Dan hanya dengan guru yang bermutu pula, kami bisa menjamin bahwa layanan pendidikan di Sergai terjaga kualitasnya,” ujarnya.

 

“Kami mendefinisihkan guru bermutu itu seperti seorang olahragawan profesional. Bagi seorang olahragawan, persiapan menuju pertandingan adalah kunci keberhasilan, ia terus berlatih agar tubuh dan keterampilannya terarasah, tidak pernah kita dengar tentunya, ada seseorang olahragawan yang memenangkan kompetensi bergengsi tanpa latihan keras,“ lanjutnya.

 

“Begitu juga dengan guru, sebagai tenaga profesional, guru harus terus menerus meningkatkan kompetensinya, Guru harus terus menerus dilatih agar kapasitasnya berkembang, bahkan tidak cukup hanya membaca buku-buku teori pembelajaran terbaru, mereka harus terus dilatih dan dilati,” katanya.

 

Kepala Disdik Sergai Joni Walker Manik, mengaku Program  USAID Prioritas  cukup berhasil. Prestasi Paling  menggembirakan adalah raihan Predikat Kabupaten Literasi Terbaik Se-Indonesia pada 2016. Rencananya penghargaan ini akan diberikan Kementrian Pendidikan  dan Kebudayaan pada 2021 maret di Jakarta.

 

Sementara Koordinator USAID Prioritas Wilayah Sergai Firman Kursin, mengatakan selama pelaksanaan program pihaknya memprioritaskan tentang pembelajaran aktif, penataan dan pemerataan guru (PPG), profesi berkelanjutan atau guru pembelajar dan gerakan literasi.(Mc Serdang Bedagai/Febri)

 

471 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *