Wabup Sergai Ajak PNS Cinta Membaca Serta Bentuk Perpustakaan dan Taman Bacaan

Upacara Hari Kesadaran Nasional,

Sei Rampah,

            Perpustakaan sebagai wahana pendidikan sepanjang hayat, senantiasa relevan dan strategis dalam menghadapi setiap permasalahan tidak hanya terbatas pada permasalahan pendidikan, tetapi juga peka terhadap perubahan yang terjadi di tengah masyarakat secara nasional, regional dan internasional.

            Keberadaan perpustakaan juga diharapkan dapat memupuk dan menanamkan rasa kebangsaan, patriotisme dan cinta tanah air kepada generasi penerus serta memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada seluruh lapisan masyarakat.

PHOTO BERSAMA : Wabup Sergai Darma Wijaya didampingi Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM photo bersama dengan Kepala Bank Sumut Cabang Sei Rampah Sujendi dan penerima dana CSR serta tali asih bagi PNS yang memasuki masa pensiun disela-sela Upacara HKN di halaman Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jum’at (17/3).

            Hal ini dikemukakan oleh Wabup Serdang Bedagai (Sergai) Darma Wijaya dalam sambutannya saat menjadi Pembina upacara dihadapan jajaran PNS pada Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di halaman Kantor Bupati di Sei Rampah, Jum’at (17/3).

            Turut hadir mengikuti upacara tersebut Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Kepala Bank Sumut Cabang Sei Rampah Sujendi, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, Pejabat Administrator dan Pengawas sereta ratusan PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai.

            Selanjutnya Wabup mengatakan Pemkab Sergai telah menyediakan layanan penyediaan informasi kepada masyarakat, antara lain dengan menyediakan layanan perpustakaan umum dan perpustakaan di 9 kecamatan, 77 perpustakaan desa/kelurahan dan seluruh sekolah SD, SMP, SMA/sederajat juga telah memiliki perpustakaan sendiri serta perpustakaan khusus yang ada di kantor-kantor pemerintah dan rumah ibadah serta taman bacaan masyarakat yang tersebar diwilayah Kabupaten Sergai.

            Dikemukakan Darma Wijaya bahwa penyelenggaraan perpustakaan umum merupakan salah satu perangkat penyelenggaraan pendidikan non formal yang berupaya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945 dan dilaksanakan dengan prinsip; pertama pendidikan bersifat seumur hidup, artinya perpustakaan ikut memelihara dan menyediakan sarana untuk pengembangan perorangan atau kelompok pada kemampuan, kedua sember informasi dan rujukan artinya perpustakaan menyediakan kemudahan bagi pemakai berupa akses cepat, ketiga sebagai bahan hiburan dan keempat sebagai pusat kehidupan dan kebudayaan.

            Pada tanggal 20 Maret 2017 mendatang, Sergai akan menerima penghargaan sebagai Kabupaten literasi terbaik nomor 1 se-Indonesia dari 14 kabupaten/kota yang terpilih. Prestasi yang dicapai tidak terlepas dari kerja keras semua pihak. Oleh karenanya mari kita mulai dari keluarga, desa, kecamatan, kabupaten, provinsi dan negara yang cinta membaca dengan membentuk perpustakaan-perpustakaan dan taman bacaan dimanapun kita berada, pungkas Wabup Sergai.

            Upacara tersebut diwarnai dengan penyerahan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Sumut Cabang Sei Rampah yang diserahkan langsung kepada Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) H. Ikhsan, AP dan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Dra. Salmiah, MM serta penerima tali asih bagi PNS yang memasuki masa pensiun.(Mc Serdang Bedagai/Febri)

 

277 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *