Perajin Sergai Ikuti Pelatihan Asesoris

Pantai Cermin,Mediacenterserdangbedagai.com – Perajin se-kecamatan Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) mengikuti pelatihan pembuatan asesoris, seperti sablon kotak tisu, kotak lampu dari bahan pelepah kelapa dan akar bambu, dan kulit kerang di Pondok Permai, Kecamatan Pantai Cermin, Selasa (18/4).

“Sedikitnya sepuluh ribuan pengunjung domestik mengunjungi sejumlah obyek wisata bahari yang ada di Sergai setiap pekannya. Namun, sayangnya ada lost ekonomi yang belum dimanfaatkan secara maksimal melalui kerajinan yang bisa dibaw pulang menjadi bua tangan,” bilang Kepala Disnaker,Koperasi dan UKM Sergai, Aguslan Simanjuntak dalam sambutannya membuka pelatihan perajin aseoris.

Menurutnya potensi pariwisata di Sergai belum dimanfaatkan secara optimal jika dilihat dari besarnya jumlah pengunjung domestik setiap pekannya mencapai ribuan orang. “Mereka datang hanya melihat wisata pantai dan mungkin makan ikan, setelah itu mereka kembali ke kediamannya masing masing  tanpa membawa sesuatu yang menjadi kenang kenangan.

“Ini yang perlu kita kembangkan dengan kreasi bahan bahan lokasl, seperti kulit kerang, pelepah kelapa yang diolah menajdi kotak lampu dan banyak yang bisa dikreasikan dapat menjadi sumber ekonomi baru bagi perajin khususnya masyarakat Sergai,” bilang Aguslan.

Posisi Sergai yang strategis menjadi kota satelit bagi bandara Kualanamu, dekat dengan Kawasan Ekonomi (KEK) Sei Mangkei, serta dengan beroperasinya jalan tol Kualanamu-Tebingtinggi menjadikan jarak tempuh dari kendaraan semakin cepat.

“Tentunya potensi semua itu, saalh satunya dengan memanfaatkan kreasi yang menjadi ekonomi kreatif ini harus segera menguasai pasar sehingga tidak ketinggalan dengan daerah lain,” ujar Aguslan.

Untuk mewujudkan perajin yang mampu membuat kreasi yang baru dan bernilai ekonomis, Kabid Usaha Mikro, Dra Lasma Disnaker Sergai bekerjasama dengan instruktur Dekan Itenas, Dr.Andry Masri, MSn. Shaleh Hadian Wasita, Andryi Masri, Edi Ervandi .(Mc Serdang Bedagai/Febri))

297 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *