Sidak Hari Pertama Kerja Usai Cuti Bersama Idul Fitri 1438 H Bupati Soekirman Himbau ASN Disiplin dan Produktif

Perbaungan, MCSerdangbedagai.com

Usai libur panjang dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1438 H, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman melakukan peninjauan dan inspeksi mendadak (sidak) kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) ke beberapa Instansi dan Kantor Dinas/Badan di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sergai pada Senin (3/7).

Turut hadir pada kesempatan tersebut para Kepala OPD, Camat, UPT Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan, serta para ASN dan Tenaga Kontrak.

Mengawali peninjauan yang dilakukan di Kantor Camat Perbaungan, Kelurahan Simpang Tiga Pekan Kecamatan Perbaungan, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengapresiasi tingkat kehadiran ASN dan tenaga kontrak dilingkungan Kantor Kecamatan Perbaungan. Hal ini menunjukkan penerapan disiplin dan kesadaran para ASN untuk hadir dan masuk kerja usai libur Idul Fitri sesuai waktu yang telah ditentukan dari tahun ke tahun semakin baik dan menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Lebih lanjut dikatakan Bupati bahwa berkaca pada negara lain seperti Malaysia dan Thailand, yang menerapkan libur idul fitri hanya 2 hari meskipun negara tersebut juga banyak umat Islam. Dan untuk di Indonesia sendiri, kita libur seminggu lebih lama. Hal ini ada hikmahnya yaitu guna menghidupkan tali silaturahmi dan menghidupkan potensi pariwisata kita dengan ramainya kunjungan wisatawan dalam dan luar daerah yang menumbuhkan perekonomian daerah.

Bupati mengingatkan saat ini Pemkab Sergai beserta seluruh perangkatnya baik ASN dan Tenaga Kontrak berada pada periode yang sangat padat dan sibuk dan ada 3 (tiga) pekerjaan utama yang harus full speed dikerjakan. Yang pertama adalah evaluasi dan menindaklanjuti hasil Audit BPK yang harus selesai bulan ini. Evaluasi dan tindak lanjut atas evaluasi tersebut mempunyai konsekwensi terhadap hukum sejalan dengan pertanggung jawaban penggunaan anggaran,

Kemudian yang kedua menjalankan rencana-rencana di dalam RPJMD terutama renja tahun 2017. Secara fisik tender sudah dilaksanakan dan sekarang akan diadakan pengawasan sebaik-baiknya atas pekerjaan tersebut agar sesuai dengan yang harus di kerjakan. Selain itu pekerjaan non fisik seperti pelayanan pendidikan dan kesehatan serta lainnya terus dilaksanakan. Dan yang ketiga adalah menyusun Rencana Kerja (Renja) Tahun 2018 yang tahapannya akan diselesaikan sesegera mungkin karena dari perencanaan tersebut bertujuan agar LPPD dan LAKIP dapat tercapai sesuai waktu yang ditentukan.

Kemudian terkait akan diselenggarakan Pilkades dibeberapa desa, dimintakan agar pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan kondusif sejalan dengan pengalaman kita yang selalu melaksanakan Pemilihan Umum baik tingkat desa hingga Pilpres yang sukses, lancar, aman dan kondusif, ujar Bupati.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Soekirman berharap melalui momen bulan Syawal yang fitri ini, menjadikan para ASN dilingkungan Pemkab Sergai lebih semangat dan produktif dalam melaksanakan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya sebagai pelayan masyarakat.

“Mari tetap semangat, utamakan soliditas rasa semua untuk satu dan satu untuk semua, dan jangan ada kata mengeluh dan kompak dalam bekerja, karena yang dinilai bukanlah kerja orang per orang, namun kinerja seluruh Pemkab Sergai pada umumnya” tegas Bupati.

Peninjauan selanjutnya menuju Kantor Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Budaya, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Sosial Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Berdasarkan data yang dihimpun hasil sidak dilapangan, rata-rata tingkat kehadiran ASN secara keseluruhan mencapai 96,24%, sedangkan sisanya beberapa ASN ada yang sedang tugas belajar, cuti melahirkan dan sedang sakit. Untuk ASN yang tidak hadir tanpa keterangan, Bupati menegaskan Pemkab Sergai melalui BKD akan memberikan sanksi sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. (MCSergai/Indan)

4 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *