Sergai Gelar Temu Aspirasi Gerakan Koperasi Tahun 2017

Sei Rampah, MCSerdangbedagai.com

Guna memasyarakatkan potensi organisasi dan daya dukung Koperasi yang mampu membangkitkan perekonomian nasional serta memfasilitasi interaksi sesama gerakan Koperasi, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) menggelar kegiatan Temu Aspirasi Gerakan Koperasi Tahun 2017 bertempat di Lapangan Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Rabu (4/10).

Turut hadir pada acara tersebut Ketua DWP Ny. Khairani Hadi Winarno, Kadis Nakerkopum Aguslan Simanjuntak, Mahendrato Ali Nugroho dan Yani Fajar Musumawati dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementrian Koperasi dan UKM, perwakilan OPD, Ketua Dekopinda Sergai H. Adam Nuh, para peserta dari Gerakan Koperasi dan Perusahaan se-Sergai.

Kadis Nakerkopum Aguslan Simanjuntak dalam sambutannya menyampaikan pelaku ekonomi saat ini ada 3 (tiga) yaitu yang pertama, Pihak Swasta selaku pelaku dominan perekonomian seperti minimarket, pabrik, industri, dan lain-lain. Yang kedua adalah BUMN dan BUMD serta BUMDes, yang modalnya minimal 51 persen milik negara.

Dan ketiga adalah Koperasi, yang dalam UUD 1945 nyata disebutkab bahwa yang akan menjadi soko guru perekonomian dinegara ini adalah Koperasi. Artinya seharusnya yang memiliki minimarket, industri, sektor lainnya adalah koperasi seperti cita-cita Bung Hatta selaku Bapak Kkoperasi. Namun saat ini koperasi belum mencapai apa yang diharapkan, dan masih sebatas sisa-sisa saja. Untuk itu diharapkan agar koperasi makin banyak serta yang ada ditingkatkan kualitasnya, terang Aguslan.

Diakhir sambutannya Aguslan menyampaikan rasa terima kasih dan ucapan selamat kepada para Koperasi di Sergai, sebab ditengah kesulitan saat ini, Bapak/Ibu masih sanggup menjalankan koperasi tersebut, pungkasnya.

Sementara Hj. Rosdelimawati selaku Panitia melaporkan Temu Aspirasi ini adalah rangkaian dari Peringatan HUT Koperasi ke-70 Tahun 2017. Tujuan kegiatan antara lain mengakses pembiayaan untuk modal kerja (investasi) bagi Koperasi dan Usaha ikro oleh Pihak LPDB Kementrian Koperasi dan UKM RI. Selain itu guna membangkitkan potensi dan daya dukung koperasi dengan capaian target yang berorientasi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, serta mengurangi angka kemiskinan dan berwawasan lingkungan.

Acara diisi dengan penyampaian materi dan sharing session oleh LPDB Kementian Koperasi dan UKM dan Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro Sergai, serta penyerahan penghargaan Koperasi Terbaik, Juara Lomba Cepat Tepat Koperasi Tingkat Pelajar, serta Piagam Penghargaan Koperasi Berprestasi dan Penggiat Koperasi di Kabupaten Sergai Tahun 2017. (MCSergai/Red)

259 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *