Pemkab Sergai Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi E-Planning SIPEREKAT

Sei Rampah, Semakin cepatnya perkembangan teknologi informasi mengharuskan kita untuk beradaptasi dalam pemanfaatannya guna mendukung efektifitas kerja terutama instansi pelayanan publik pemerintah seperti aplikasi E-Government. Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik dan transparansi sistem pemerintahan modern sebagai satu cara untuk memperbaiki sistem birokrasi konvensional. Penerapan E-Government dalam hal ini E-Planning mutlak dilaksanakan. Seperti kita ketahui bahwa beberapa pemerintah daerah di Indonesia telah merasakan manfaat yang cukup besar dalam penerapan aplikasi ini seperti efektivitas kerja, efisiensi anggaran dan peningkatan capaian indikator kinerja.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Darma Wijaya dalam sambutannya sekaligus membuka sosialisasi dan pelatihan penggunaan aplikasi E-Planning Sistem Informasi Perencanaan Berbasis Masyarakat (SIPEREKAT) Tahun 2017 bertempat di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin (11/12). Turut hadir dalam pembukaan Kepala OPD dan Camat se-Sergai serta seratusan  peserta yaitu anggota DPRD dan operator , OPD dan camat beserta operatornya.

Lebih lanjut Wabup menyebutkan untuk menyambut tahun anggaran 2018, pelatihan aplikasi E-Planning ini dipersiapkan guna penyusunan program dan kegiatan Pemkab Sergai untuk tahun perencanaan 2019 atau tahun ketiga dari RPJMD periode 2016-2021. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman dan kemudahan kepada aparatur pemerintah dalam merencanakan program/kegiatan pembangunan daerah dalam bentuk sistem yang terintegrasi.

Aplikasi E-Planning SIPEREKAT ini memuat modul aplikasi E-Musrenbang mulai dari dusun/lingkungan atau rembuk warga, desa hingga kecamatan. Modul aplikasi pokir DPRD untuk menampung hasil reses anggota DPRD. Modul aplikasi RKPD yang juga memuat menu Renja OPD dan modul aplikasi satuan harga, kata Wabup Darma Wijaya. Oleh karenanya Wabup mengingatkan betapa pentingnya penerapan aplikasi E-Planning SIPEREKAT ini dan berharap seluruh peserta lebih serius mengikuti kegiatan sosialisasi dan pelatihan E-Planning ini agar sinergitas dan integritas seluruh proses perencanaan dapat dicapai dan diaplikasikan dengan baik, pungkasnya. (MCSergai/vivi)

207 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *