Bupati Soekirman Sambut Panja USO dan PNBP Komisi I DPR-RI Kunker ke Sergai

Tanjung Beringin, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya menyambut hangat kedatangan Wakil Ketua Komisi I  DPR RI Asril Hamzah Tanjung, S.I.P berserta Tim yang akan melakukan Kunjungan Kerja Panitia Kerja (Kunker Panja) ke lokasi akses internet Universal Services Obligation/Kewajiban Pelayanan Universal (USO) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) bertempat di Puskesmas Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin, Kamis (28/6).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Pasaribu, S.Sos, SIK, M.Si, Direktur Ekosistem Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Infomatika (BAKTI) Kementrian Kominfo RI Danny Januar Ismawan, GM Sales PT Infokom Elektrindo Tri Bimo Siswono Putro, Kadis Kominfo H. Ikhsan AP, Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit, Camat Tanjung Beringin Drs. Zulfikar, Kapus Tanjung Beringin dr. Rina Manurung, serta unsur terkait lainnya.

SAMBUTAN : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman tengah menyampaikan sambutan pada acara Kunker Panja USO dan PNBP Komisi 1 DPR-RI bertempat di Puskesmas Tanjung Beringin, Kamis (28/6).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengapresiasi atas hadirnya rombongan Tim Panja USO dan PNBP Komisi I DPR RI selang sehari setelah gelaran Pilkada serentak yang sukses dilaksanakan di Sergai. Bupati menceritakan tentang sejarah dan asal usul Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat beserta potensinya yang memiliki sebuah pulau strategis dan menjadi batas terdepan dengan negara tetangga dan kecamatan Tanjung Beringin ini salah satunya.

Terkait tentang adanya pelayanan kesehatan yang unggul seperti tersedianya pelayanan kesehatan di beberapa daerah dan semakin diperluas lagi jangkauannya hingga ke perbatasan, dan hal inilah yang menjadikan pertemuan ini terjadi dan membuktikan bahwa benar adanya negara hadir  ditengah-tengah masyarakat, katanya.

Bupati Soekirman juga berharap dengan adanya pertemuan ini agar kedepannya lebih diperhatikan akses internet dan komunikasi khusus Pulau Berhala sebagai pulau terluar, juga beberapa beberapa daerah pegunungan seperti Kecamatan Silinda, Sipispis, dan Kotarih, pungkasnya.

Sementara itu Ketua Tim Panja USO dan PNBP yang Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI Asril Hamzah Tanjung, S.I.P mengucapkan terimakasih serta rasa senang dan bahagia atas penyambutan dari Bupati, Wabup beserta seluruh masyarakat Sergai atas kunjungan Tim Panja USO dan PNBP Komisi I DPR RI beserta rombongan hari ini.

PHOTO BERSAMA : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Kapolres Sergai Juliarman Eka Pasaribu, S.Sos, SIK, M.Si, Kepala OPD, dan Kapus Tanjung Beringin dr. Rina Manurung photo bersama dengan Tim Panja USO dan PNBP Komisi 1 DPR-RI usai acara Kunker Panja USO dan PNBP Komisi 1 DPR-RI bertempat di Puskesmas Tanjung Beringin, Kamis (28/6).

Kunjungan ini lanjutnya, bertujuan untuk melihat sejauh mana akses internet sampai ke daerah khususnya daerah perbatasan agar akses internet dapat merata di seluruh nusantara. Selain itu, kunker ini merupakan agenda rutin yang dilakukan pihak DPR RI dalam melihat hasil kinerja program yang dilakukan Kementrian Kominfo melalui BAKTI yang saat ini sedang menjalankan program USO bekerjasama dengan PT Infokom Elektrindo sebagai penyedia jasa telekomunikasi dengan membangun akses internet di daerah 3T (Terdepan, Tertinggal, Terluar). “Karena perbatasan adalah halaman depan rumah kita yang harus ditata cantik, rapi dan indah, jangan sampai jadi halaman belakang yang kotor dan tidak terawat”, harap Asril Hamzah.

Ditambahkannya bahwa perlu sinergitas dari seluruh unsur sedang dibangun sehingga akan menjadikan Indonesia terjangkau akses internet dan frekuensi dari Sabang sampai Merauke. Setelah meninjau fasilitas Puskesmas Tanjung Beringin, kami sampaikan apresiasi dan pujian atas pelayanan dan fasilitas Puskesmas, termasuk akses internet yang diharapkan semakin baik nanti kedepannya.

Terkait permintaan Bupati Soekirman untuk akses internet dan telekomunikasi pada daerah prioritas yaitu Pulau Berhala, Kecamatan Silinda, Sipispis dan Kotarih, Tim Panja langsung merespon dengan pernyataan akan direalisasikan dalam waktu sesegera mungkin maksimal 1 bulan kedepan, tegas Ketua Tim Panja tersebut. Sedangkan Direktur Ekosistem BAKTI Kementrian Kominfo RI Danny Januar Ismawan mengemukakan untuk penyediaan Akses Internet oleh Kementerian Kominfo melalui BAKTI di lokasi usulan-usulan Pemda/K/L merupakan salah satu program USO di bidang telekomunikasi dan informatika yang dibangun dengan menggunakan dana USO yang dikelola oleh BAKTI.

Akses Internet USO yang disediakan oleh BAKTI merupakan usulan dari pemerintah daerah dan lainnya yang diimplementasikan melalui kerjasama antara BAKTI, pemerintah daerah, perusahaan penyediaan jasa akses internet. Mekanisme kerjasama yang digunakan adalah mekanisme sewa layanan, di mana BAKTI membiayai sewa layanan akses internet, pemerintah daerah/kementerian/lembaga memberikan usulan lokasi serta komitmen dalam implementasi, dan penyedia jasa menyediakan bandwidth sesuai pengadaan.

TINJAU : Bupati Sergai Ir. H. Soekirman bersama Kapolres Sergai Juliarman Eka Pasaribu, S.Sos, SIK, M.Si, Kepala OPD, dan Kapus Tanjung Beringin dr. Rina Manurung mendampingi Tim Panja USO dan PNBP Komisi 1 DPR-RI meninjau infrastruktur internet dan fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Tanjung Beringin, Kamis (28/6).

Usai pemaparan dan sambutan dibuka sesi tanya jawab. Kadis Kominfo Sergai H. Ikhsan AP berkesempatan menyampaikan konfirmasi terkait program Kementrian Kominfo dikarenakan keterbatasan dana dari daerah. Satu sisi kehadiran negara termasuk penyediaan layanan internet untuk masyarakat melalui program Kementrian Kominfo  ini tidak bisa dikesampingkan. “Dinas Kominfo Sergai sendiri sampai saat ini telah meng-Cover 17 Kecamatan dan 20 Puskesmas, memang belum semua dapat diakomodir karena keterbatasan anggaran, namun kami terus berupaya untuk dapat memenuhinya”, jelas Ikhsan.

Untuk Program BAKTI ini sendiri kami sangat mengapresiasi dan mendukung, dan diharapkan dapat membantu menangani penyediaan akses internet sampai ke desa-desa. Diharapkan juga sinergitas antara Kementrian Kominfo, Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Daerah agar dapat berkoordinasi yang lebih baik sehingga dapat meratanya akses internet sampai ke pelosok daerah, ujar Ikhsan, AP.

Selanjutnya dilakukan peninjauan infrastruktur internet dan fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Tanjung Beringin serta penyerahan CSR dari PT Infokom Elektrindo kepada Puskesmas Tanjung Beringin. MC Sergai/vivi

235 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *