Peringatan BBGRM XV dan HKG PKK ke-46 Kabupaten Sergai Tahun 2018

Bupati Soekirman : Semangat Gotong Royong Mampu Tingkatkan Kepedulian dan Peran Aktif Masyarakat

Sei Rampah, Peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM)  ke- XV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 46 Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Tahun 2018 diharapkan dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Dengan semangat gotong royong apalagi semangat kegotongroyongan tampaknya sudah semakin luntur dikalangan masyarakat yang lebih mementingkan diri sendiri dari pada kepentingan kolektif bahkan tidak terkecuali di desa-desa.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya pada acara  Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XV dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-46 Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2018 dengan tema “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Kita Gelorakan Kerja Gotong Royong Menuju Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat” di Lapangan Bola Kaki Desa Sei Rejo Kecamatan Sei Rampah, Kmais (23/8).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Sergai  Syahlan Siregar, ST, mewakili unsur Forkopimda, Kepala Bank Sumut Cabang Sei Rampah Ahmad Pasundan Tarigan, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. Hj. drg. Khairani Hadi Winarno, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, Ketua TP PKK Kecamatan se-Sergai  para Kepala Desa dan Pendamping Desa se-Sergai.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa semangat gotong royong mampu meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan berlandaskan keswadayaan yang merupakan sistem nilai sosial budaya sehingga menyatu dalam kehidupan kita. Hal ini agar masyarakat merasa memiliki dan bertanggung jawab dalam melaksanakan dan memanfaatkan hasil-hasil pembangunan, katanya. Ditambahkan Bupati bahwa selain sebagai salah satu organisasi perempuan terbesar di Indonesia PKK telah membuktikan kiprah dan andilnya dalam membantu tugas pemerintah dalam mensukseskan program KB, Posyandu dan kesehatan ibu dan anak,di bidang pendidikan.

Oleh karenanya Bupati mengharapkan peran perempuan sebagai mitra kerja pemerintah dan juga mitra kerja lembaga-lembaga kemasyarakatan. Hal ini terkait tujuan dari peringatan HKG PKK  untuk mengingatkan kita semua mengenai peran perempuan khususnya peran ibu rumah tangga dalam membangun keluarga. Sebelumnya Drs. Dimas Kurnianto, SH selaku ketua panitia penyelenggara melaporkan  BBGRM adalah kegiatan kerjasama masyarakat dalam bidang pembangunan yang diarahkan kepada penguatan persatuan dan kesatuan serta peningkatan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.

Kegiatan BBGRM XV dan HKG PKK ke-46 Tahun 2018 merupakan sarana dalam membangkitkan semangat pelestarian nilai-nilai gotong royong. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan nilai-nilai pemberdayaan masyarakat melalui gotong royong dan gerakan PKK tetap lestari dan berkembang. Sedangkan rangkaian acara antara lain pencanangan BBGRM dan HKG PKK Tahun 2018, penyerahan bantuan alat-alat gotong royong dan pemotongan nasi tumpeng serta penyerahan hadiah lomba-lomba kegiatan HKG PKK, kata Dimas.

Diakhir acara diserahkan hadiah kepada pemenang lomba diantaranya Lomba Desa Percontohan Tertib Administrasi PKK Terbaik I diraih oleh Desa Tambak Cekur Kecamatan Serbajadi, Lomba Desa Percontohan Pencegahan KDRT Terbaik I Desa Panglong Kecamatan Dolok Merawan, Lomba Membuat Tong Sampah dari bahan bekas Terbaik I Kecamatan Sei Rampah. Selanjutnya Lomba kreatif Olahan Makanan dari ubi kayi Terbaik I diraih Kecamatan Perbaungan dan Lomba Penyuluhan Iva Ters Terbaik I diraih oleh Kecamatan Pantai Cermin. MC Sergai/vivi

200 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *