Bupati Soekirman Apresiasi Kegiatan Jumbo di Sergai

Sei Rampah, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (P2KBP3A) menggelar kegiatan Jumpa Bocah (Jumbo) dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2018 di Panti Asuhan Zakiyyun Najjah Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah. Kegiatan ini juga merupakan hasil dari kesepakatan bersama seluruh Forum Anak di Sumut dan dilaksanakan secara serentak pada 26 Agustus 2018 lalu di semua kabupaten se-Sumut.

Demikian dikatakan Kadis P2KBP3A Hj Irwani Jamilah, SH, M.Si yang disampaikan melalui sebuah surat kepada Kadis Kominfo Sergai H. Ikhsan, AP di ruang kerjanya Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (29/8) pagi. Disampaikan Ikhsan, AP bahwa Forum Anak Daerah Sergai (FADASE) sebagai salah satu dari Forum Anak di Sumut berkesempatan melaksanakan kegiatan Jumbo ini dengan tujuan  untuk membagi keceriaan bersama anak-anak dan memberikan kebebasan pada mereka untuk bermain, berpendapat dan menampung seluruh aspirasi maupun cita-cita anak yang dituangkan melalui cap telapak tangan dan menuliskan semua cita-cita serta harapan anak pada kain putih sepanjang 5 (lima) meter, ujar Ikhsan.

Salah satu perwakilan Forum Anak Kabupaten Sergai (FADASE) Vio Ivanka melalui sosialisasi menjelaskan bahwa suara anak juga ikut didengarkan dalam pembangunan dengan keikutsertaan forum anak pada Musrenbang. Oleh karenanya pada kesempatan tersebut Hj Irwani Jamilah sangat mengapresiasi kegiatan itu, karena merupakan salah satu upaya pemenuhan 5 klaster hak anak yaitu pertama hak sipil dan kebebasan, kedua lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, ketiga kesehatan dasar dan kesejahteraan, keempat pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni dan budaya serta kelima perlindungan khusus, ujar Kadis Kominfo.

Empat kali raih penghargaan KLA

Kaitannya dengan hal tersebut, Pemkab Sergai juga sudah 4 (empat) kali memperoleh penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan kategori “ Pratama “ . “ Baru-baru ini juga Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menerima penghargaan untuk yang keempat yang disampaikan langsung dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise di Dyandra Convention Center Surabaya pada 23 Juli 2018 lalu.

Oleh karenanya, dikesempatan yang berbeda Bupati Soekirman menyampaikan bahwa KLA sebagai wujud nyata implementasi konvensi hak anak dan berbagai peraturan perundang-undangan serta kewajiban terkait Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak. Saya sangat mengapresiasi kegiatan Jumbo ini, karena dapat menjadikan anak yang Gesit, Empati, Berani, Unggul, Sehat (Genius). Hal ini merupakan upaya terhadap pemenuhan hak anak yang harus dipenuhi oleh pemerintah, orang tua, masyarakat maupun pendidiknya.  Setiap anak mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, kesehatan yang layak serta hak anak untuk bermain, ungkap Bupati.

“ Kalau bisa Jumbo ini diadakan di tempat kelompok bermain lainnya yang ada di Sergai, agar anak-anak juga merasakan kegembiraan yang sama,” tandas Soekirman. Seperti yang disampaikan Bupati kepada Kadis Kominfo Ikhsan, AP. MC Sergai/vivi

277 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *