Pemkab Sergai Gelar Peringatan Hari Ibu ke-90 Tahun 2018

Sei Rampah, Hari Ibu di Indonesia lahir dari pergerakan bangsa Indonesia. Dalam pergerakan kemerdekaan peran perempuan Indonesia sungguh mengesankan. Sebagai buktinya antara lain terlihat dalam Kongres Perempuan pertama tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta sebagai tekad bersama mendorong pembentukan Indonesia untuk merdeka.

Demikian sambutan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman dalam acara Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-90 tingkat Kabupaten Sergai Tahun 2018 bertempat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Senin, (17/12).

Hadir dalam acara tersebut Sekdakab Drs Hadi Winarno MM, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny Hj drg Khairani Hadi Winarno, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, perwakilan Kodim 0204/DS, Kakan Kemenag Dr H Safi’i MA, Pimpinan Bank Sumut Sei Rampah Ahmad Pasundan Tarigan, Anggota TP PKK Kecamatan, DWP, serta para undangan.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa hakekat PHI adalah untuk meningkatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda akan arti dan makna hari ibu sebagai sebuah momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan kaum perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan Bangsa Indonesia.

 Peringatan Hari Ibu ke-90 kali ini mengusung tema “ Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki-Laki Dalam membangun Ketahanan Keluarga Untuk Kesejahteraan Bangsa”. Tema ini dibangun dengan melihat kondisi Bangsa Indonesia serta menyelaraskan dengan arah kebijakan pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, sebagaimana yang tertuang dalam RPJMN 2015-2019 serta mewujudkan nawacita sebagai salah satu agenda nasional.

Oleh karenanya Bupati Soekirman berharap agar setiap keluarga tetap semakin harmonis. Dan dihimbau untuk bersama menggalakkan budaya lisan seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin mengkhawatirkan.

“ Saya teringat satu judul buku To Have or To Be, memiliki atau menjadi. Saya rasa patut kita renungkan bersama bahwa untuk apa memiliki harta dan pasangan yang cantik dan tampan namun hati kita tidak tenang dan bahagia,” ujarnya seraya tersenyum.

Selamat kepada para Ibu-ibu dari semua lini di Kabupaten Sergai bahwa banyak perempuan Sergai yang berprestasi tinggi dan membawa harum nama daerah. Marilah kita menjadi to be, menjadikan semua pekerjaan, persatuan dan persaudaraan untuk menjadi yang terbaik bagi orang lain, pungkasnya.

Sementara itu Penasehat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sergai Ny Hj Marliah Soekirman mengatakan bahwa dalam memperingati hari ibu seperti sekarang ini merupakan upaya kita untuk mengenang jasa-jasa kaum ibu. Kaum ibu sepanjang sejarah umat manusia mempunyai peranan yang sangat menentukan bagi perkembangan dan keberadaan manusia itu sendiri.

Dalam era pembangunan seperti sekarang ini banyak kedudukan dan jabatan dipegang oleh kaum ibu, hal ini menunjukkan betapa majunya kaum ibu di masa kini, tukas Hj Marliah.

Sedangkan Laporan Ketua Panitia Peringatan Hari Ibu ke-90 Ny Hj drg Khairani Hadi Winarno menyampaikan bahwa kegiatan ini dilatarbelakangi oleh masih perlunya peningkatan wawasan kebangsaan bagi kaum perempuan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat guna mendorong semangat kaum perempuan untuk lebih aktif dan inovatif merespon kemajuan, katanya.

Acara disini dengan peragaan busana, penampilan tari daerah dan kreasi oleh Ibu-Ibu DWP OPD serta pemberian bingkisan kepada Perempuan Berprestasi. (MCSergai/Ind).

355 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *