Didaulat Sebagai Keynote Speaker Pada Raker IV Wartawan Harian Waspada Tahun 2019

Bupati Soekirman : Tugas Wartawan Menumbuhkan dan Memelihara “Trust” Bagi Masyarakat

 Deli Serdang, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman menjadi Keynote Speaker pada acara Rapat Kerja IV Wartawan Harian Waspada Daerah Sumatera Utara dalam rangkaian HUT Harian Waspada ke-72 Tahun 2019. Dengan mengusung Thema ” Menjalin Kebersamaan untuk meningkatkan kinerja membangun daya kreativitas dan Inovasi menuju wartawan Profesional “. Kegiatan tersebut bertempat di Primera Plaza Hotel, Kamis (10/1). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pemred Harian Waspada Prabudi Said, Kadis Kominfo Sergai H Iksan, AP, M.Si, Kadis Pendidikan Drs Jhoni Walker Manik, MM beserta jajaran serta puluhan wartawan Waspada dari berbagai daerah se-Sumut.

Dalam paparannya  yang bertema ” Kreativitas dan Inovasi Wartawan di Era Revolusi Industri 4.0 ” Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan bahwa dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 serta dengan kecanggihan teknologi yang ada semua orang bisa  menulis berita dan mempublikasikannya di media sosial. Di era digital ini juga, media sosial menjadi hal yang primadona bagi masyarakat untuk mencari informasi maupun menyampaikan aspirasi.

Namun meski demikian lanjut Bupati, Harian Waspada saat ini masih tetap eksis dengan  segmen pasar tersendiri, karena mempunyai “Trust” bagi hati masyarakat khususnya pada 20 tahun reformasi hingga sekarang. Disamping itu nilai-nilai dalam penyampaian informasi tetap terjaga. Oleh karenanya dengan usia yang sudah mencapai 72 tahun Waspada dapat mempertahankan value khususnya selama 20 tahun reformasi menumbuhkan dan memelihara trust bagi masyarakat, ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa tugas wartawan adalah sebagai authenticator, sense maker, investigator, witness bearer, empowerer,smart aggregator, organizer dan toleransi model. “Dengan mengemban tugas tersebut seorang wartawan harus dapat menulis berita yang mempunyai nilai baik sehingga informasi yang diberikan kepada masyarakat tetap terpelihara trust– nya,” kata Bupati.

Memasuki era revolusi industri wartawan juga dituntut serba digital yang mengandalkan kreativitas dan inovasi. Dampak positifnya adalah memunculkan pekerjaan baru, meningkatnya kebutuhan tenaga kerja bidang IT. Sedangkan bidang pekerjaan yang tetap eksis di era generasi keempat seperti perfilman, multimedia, media massa digital serta pekerjaan lainnya yang mengandalkan kreativitas dan inovasi salah satunya adalah wartawan.

Dikatakannya juga bahwa profesi wartawan sangat menarik, beberapa alasan profesi wartawan tetap bertahan di era revolusi industri yaitu dinamis, inovasi, improvisasi dan dukungan dari kecanggihan teknologi. Frofesi wartawan akan terus bertahan di era digitalisasi jika dibarengi dengan adanya kreativitas dan inovasi serta mampu menyesuaikan diri dengan teknologi informasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin menjamurnya portal media online saat ini. Dilain hal, Bupati menyampaikan bahwa target yang dimimpikan bagi Kepala Daerah adalah tercapainya dengan baik pertama LPPD, kedua SAKIP, ketiga Opini pengelolaan keuangan dalam hal ini BPK RI, keempat penilaian kepatuhan dalam perundang-undangan yang dinilai oleh Ombudsman RI dan kelima penilaian supervisi dari KPK.

Bupati juga berharap Waspada dapat membatu membangun mimpi tersebut melalui pemberitaan yang berimbang dan bersifat membangun. Terkait dengan program pembangunan yang ada di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, terdapat 21 peraihan yang akan dicapai salah satunya adalah bidang pariwisata yang menargetkan 1 juta wisatawan. Harapan Bupati Waspada dapat membantu dalam mempublikasikan potensi daerah, pungkasnya. MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *