Ditjen IKP Kemenkominfo RI Gelar Bimtek Pengelolaan Media Center Daerah

*Kominfo Sergai Partisipasi Dalam Kegiatan Untuk Tingkatkan Kualitas Pelayaan Informasi Publik

Pekan Baru,Sebagai upaya dalam meningkatkan kemampuan teknis bidang Komunikasi dan Informasi Publik, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Berita dan Foto Jurnalistik Online bagi  Pengelola Media Center Daerah pada tanggal 4-6 Maret 2019 bertempat di The Premiere Hotel Pekan Baru, Provinsi Riau. Bimtek tersebut diikuti sebanyak 56 Dinas Kominfo Provinsi, Kabupaten/Kota yang berada di wilayah Sumatera termasuk juga Dinas Kominfo Kabupaten Serdang bedagai (Sergai}.

Direktur Pengelolaan Media Ditjen IKP Siti Meiningsih saat membuka kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan Bimtek yang kedua kalinya digelar oleh Ditjen IKP Kemenkoinfo RI,  Kegiatan ini kan terus berlanjut sampai ke wilayah tengah dan timur. Disampaikan oleh Siti Meiningsih bahwa Media Center merupakan salah satu jaringan diseminasi informasi strategis dan lokal agar menjadi pertukaran informasi dua arah antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dengan tujuan 3E dan 1N yaitu mendidik (Educating), memberdayakan (Empowering), mencerahkan (Enligtening) dan nasionalisme (Nationalism).

“ Sedangkan terkait skema kerja dari Media Center diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, koordinasi dan monitoring,” ujarnya. Kemudian peran Media Center terhadap Government Public Relation (GPR)  lanjutnya adalah potensi  Media Center bagi lembaga pemerintahan yang kedepannya sangat besar terutama dalam pemenuhan hak public terhadap informasi. Ketika kondisi ini terpenuhi, maka cita-cita penyelenggaraan pemerintahan yang transparan akan segera terwujud dengan terbangunnya system informasi dan komunikasi yang baik dan lalu lintas pertukaran informasi yang tepat, sepat dan akuntabel, kata Siti Meiningsih.

Sebelumnya laporan pelaksana Nurlaili Kasubdit Media Online Ditjen IKP menyampaikan bahwa dengan perkembangan teknolodi infirmasi telah memunculkan bernagai media. Bagi masyarakat di perkotaan untuk tersambung dengan informasi bukan hal yang sulit namun bagi masyarakat  yang diluar jauh dperkotaan mempunyai kendala. Oleh karenanya dalam lingkup daerah Ditjen Kominfo menyelenggarakan Media Center yang sudah dilkaukan  sejak 2006 hingga sekarang, tukasnya.

Dilanjutkan Nurlaili bahwa bagi daerah yang belum bergabung dengan kegiatan Media Center dan  belum diberikan fasilitas, akan tetapi sudah ikut dalam diseminasi informasi melalui info publik yang saat ini disebut dengan ” joint program”. Untuk fungsi Media Center terdapat tiga hal  pertama sharing informasi, diseminasi,  informasi dan pelayanan informasi. Hingga saat ini sudah tiga layanan yang diselenggarakan oleh Ditjen IKP pertama Info Publik, kedua Jaringan Pemberitaan Pemerintah (JPP) dan ketiga Indonesago.id dan saat ini telah dicanangkan Indonesia Baik.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknis untuk kemampuan daerah, mingkatkan kemampuan petugas media center dalam hal konten berita dan meningkatkan kuaitas dan kuantitas berita untuk Info Publik. “ Setiap daerah hendaknya mengirimkan petugas untuk mengikuti Bimtek ini adalah yang benar-benar orang yang pengelola dan menangani Media Center, sehingga pembelajaran yang didapat tepat sasaran,” pungkas Nurlaili.

Dalam kesempatan yang sama Kadis Kominfo dan Persandian Provinsi Riau H Yogi Getri mengemukakan  telah mendapat bantuan dari Kementrian Kominfo terkait perangkat Media Center. Saat ini di Kota Pekan Baru terdapat dua tempat Pengelolaan Medi Center yang pertama di Perpustakaan Kota Pekan Baru dan yang kedua di Dinas Kominfo Provinsi Riau. “ Semua program yang dilaksanakan oleh Kementrian Kominfo adalah demi meningkatkan pelayanan khususnya informasi bagi masyarakat. Dengan adanya kegiatan  ini dapat menambah wawasan dan meningkatkan SDM bagi aparat pemerintahan khususnya yang menangani pelayanan informasi,” ungkap Kadis Kominfo Pekan Baru.

Adapun narasumber dalam Bimtek tersebut berasal dari Redaktur Senior Tempo, Redaktur Kompas.com, Fotografer Kompas dan Redaktur Nusantara InfoPublik dan Foto. Di tempat terpisah, Kadis Kominfo H Ikhsan, AP di ruang kerjanya Komplek Kantor Bupati Sergai menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek bagi Pengelolaan Media Center daerah merupakan kegatan yang sangat penting untuk diikuti. Hal ini adalah salah satu upaya dalam meningkatkan SDM bagi petugas Media Center sehingga pelayanan informasi yang diberikan kepada masyaraat lebih berkualitas, papar Ikhsan. (MC/Sergai/Nrl)

236 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *