Tingkatkan Pelayanan Publik, Sergai Canangkan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM 

Sei Rampah, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman mengucapkan selamat dan sukses atas Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) sekaligus Peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pengadilan Negeri (PN) Sei Rampah Kelas II, Rabu 6/3). Dikemukakan Bupati bahwa pada pedoman Pembangunan Zona Integritas terkait pelaksaan Reformasi Birokrasi diseluruh instansi pemerintahan diselenggarakan demi terciptanya pemerintahan yang baik. Hal ini ditandai dengan tiga faktor utama yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintahan yang bersih dan bebas KKN, serta peningkatan pelayanan publik.

” Kehadiran dan manfaat dari hadirnya PN Sei Rampah ini sangat luar biasa, namun disamping itu ada hal yang membuat saya resah dan belum lengkap rasanya jika kita belum memiliki Lembaga Pemasyarakatan (LP),” ujarnya. Oleh karenanya, yang menjadi permasalahan terbesar adalah keterbatasan lahan guna membangun apa yang kita inginkan. Untuk itu, Bupati berkeinginan agar semua bersama-sama berusaha dan mohon dukungannya sehingga mendapatkan lahan yang telah habis Hak Guna Usaha (HGU)  untuk dapat dipergunakan membangun LP ataupun fasilitas umum lainnya guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, kata Bupati.

Bupati juga berharap, PN Sei Rampah dengan keadaan yang penuh keterbatasannya dapat selalu menjaga semangat dan komitmen pada era perubahan saat ini seperti telah masuk ke dalam era 4.0 dengan penggunaan teknologi informasi baik berupa aplikasi maupun website, karena bagaimanapun kita harus mengikuti perkembangan zaman. Selain itu lanjutnya, kami juga mengapresiasi peresmian Pelayanan Terpadu Satu Pintu PN Sei Rampah sebagai sarana melayani masyarakat dan memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat pencari keadilan serta memberikan kemudahan bagi pihak yang berperkara.

Diakhir sambutannya Bupati mendoakan dan mendukung tujuan utama mencapai visi Mahkamah Agung RI dalam mewujudkan Badan Peradilan yang Agung (Court of Excellenge) seperti yang dilaksanakan PN Sei Rampah agar dapat dapat tercapai dan senantiasa memberikan pelayanan yang cepat, mudah, transparan, terukur, dan terjangkau kepada masyarakat, pungkasnya. Sementara itu Ketua PN Sei Rampah Delta Tamtama, SH, MH mengutarakan pada awalnya PN Sei Rampah ini hanya sebagai zetting plan (tempat sidang) PN Lubuk Pakam Kelas I-A Sumatera Utara (Sumut), sejak empat bulan yang lalu telah resmi beroperasi sebagai Kantor Sementara untuk PN Sei Rampah.

PN Sei Rampah sendiri telah resmi ditetapkan sebagai salah satu dari 85 PN  baru yang disahkan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 14 Tahun 2016. ” Saya sampaikan terima kasih kepada Bupati Sergai yang telah membantu dan “mengawal” secara khusus bahkan harus berjuang luar biasa sampai ke Kepulauan Melonguane Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara sehingga PN Sei Rampah dapat terwujud,” tukasnya.

Pembangunan WBK dan WBBM ini merupakan bentuk nyata dari Dirjen Badan Peradilan Umum guna meningkatkan integritas, performa aparat Pengadilan serta pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan dalam mewujudkan Badan Peradilan yang Agung sehingga tercapai visi Mahkamah Agung RI sesuai blue print Pembaruan Peradilan Indonesia 2010-2035. ” Hari ini kami juga meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PN Sei Rampah guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan khususnya di wilayah hukum Kabupaten Sergai dalam rangka mewujudkan pelayanan cepat, mudah, transparan, terukur, dan terjangkau, ” kata Ketua PN Sei Rampah.

PTSP PN Sei Rampah telah mengedepankan pelayanan berbasis aplikasi dan teknologi informasi (TI) seperti website dan aplikasi Sistem Penelusuran Perkara (SIPP) yang diproyeksikan MA RI ini diproyeksikan sebagai Register Elektronik pengganti Register Manual yang didalamnya memuat informasi-informasi yang dibutuhkan masyarakat pencari keadilan. “Ini adalah bentuk nyata pelayanan kami pada era perubahan saat ini guna menjawab tuntutan terhadap keterbukaan informasi serta pelayanan yang handal kepada masyarakat,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua PA Sei Rampah Munir, SH, MH, Kepala Lapas Tebing Tinggi Theo Adrianus, A.Md.I.P, SH, MH, Kepala BNN Sergai Drs. M.Adlin Tambunan, Ketua LBH dan Perlindungan Hukum Persada Cabang Sei Rampah Saiful Ihsan SH, Wakil Ketua PN Sei Rampah Rio Barten,SH,MH beserta jajaran, tokoh masyarakat serta para undangan. Acara juga diisi dengan penandatanganan Piagam Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani oleh unsur Muspida, PN Sei Rampah, PA Sei Rampah, Kepala Lapas Tebing Tinggi, Kepala BNN dan Ketua LBH dan Perlindungan Hukum Persada Cabang Sei Rampah dilanjutkan peresmian PTSP PN Sei Rampah. MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *