Sergai Gelar Workshop Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan ASN

Medan, Dalam era globalisasi saat ini pemerintah dihadapkan berbagai polemik baik bersifat regional maupun internasional dan untuk mendukung percepatan pembangunan pemerintahan yang berorientasi pada pencapaian hasil (outcome) dengan memperhatikan manfaat dan dampak dari pelaksanaan kebijakan dan program. Hal ini tentu dibutuhkan ASN yang handal kompeten dan professional sesuai dengan standar kompetensi yang dimiliki.

Hal ini dikemukakan oleh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H Soekirman yang diwakili Sekdakab Drs Hadi Winarno, MM saat membuka kegiatan Workshop Penyusunan Standar Kompetensi jabatan ASN di Lingkungan Pemkab SErgai bertempat di Le Polonia Hotel Convention di Medan, Kamis (14/3). Dikatakan Bupati bahwa standar kompetensi ASN merupakan deskripsi pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang dibutuhkan seorang ASN dalam melaksanakan tugas jabatan baik Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT), Jabatan Administrator (JA) dan Jabatan Fungsional (JF). Tiga stanbdar ini harus dimiliki oleh setiap ASN.

Selain itu juga disampaikan Soekirman, seyogiyanya Kepala OPD harus memberikan terhadap mereka yang bertugas dibidang ini, karena output pekerjaan mereka akan digunakan oleh instansi dalam melakukan penataan manajemen ASN, termasuk didalamnya sebagai salah satu komponen yang mempengaruhi penilaian maturitas dari BPKP untuk menuju kelevel lebih tinggi, ungkap Bupati.

Sebelumnya Kepala Bagian Orta Patricia Banjarnahor, S.Sos, M.Si melaporkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN. Kemudian meningkatkan pengetahuan, pemahaman serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan kepada seluruh peserta pada masing-masing OPD untuk menyusun standar kompetensi jabatan ASN di Lingkungan Pemkab Sergai.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 120 orang yang merupakan perwakilan dari seluruh OPD Sergai. Adapun kegiatan dimulai Kamis-Sabtu tanggal 14-16 Maret 2019 dengan menghadirkan narasumber dari Lembaga Administrasi Negara (Aceh) Said Fadhil, S.IP, MM dan Edy Saputera, SH. MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *