Sergai Berprinsip Bela Hak-hak Konsumen

Peringatan Hari Konsumen Nasional,

Pegajahan, Potensi pasar di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) memiliki alat ukur sebanyak 47.500 unit dan belum termasuk alat ukur meteran listrik serta air.  Oleh sebab itu, hal ini diterapkan agar para konsumen kita tidak mengalami kerugian dan produsen juga tetap bermartabat. Hal ini dikemukakan Bupati Sergai Ir H Soekirman usai melakukan Video Conference dengan Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita pada acara Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) di Kantor UPT Metrologi Legal Jl. Negara KM.40 Komplek Replika Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Rabu (20/3).

Acara tersebut mengusung tema “ Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya” dipusatkan di Kota Bandung, namun diikuti sebanyak 5 (lima) kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Sergai, Sidoarjo, Pare Pare, Balik Papan dan Padang. Dikatakan Soekirman, bahwa Pemkab Sergai berprinsip menjunjung dan mendukung martabat produsen namun juga harus membela hak-hak para konsumen. Dalam perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat kami yang ada di jajaran Pemkab Sergai berinovasi membangun sebuah aplikasi yang di sebut “TERA OCE”. Aplikasi ini adalah untuk memudahkan para pengguna dalam menera ulang.

“ Saya ucapkan selamat atas peringatan Harkonas hari ini, sebagai daerah yang pasarnya tertib ukur dan alat-alat ukurnya telah ditera ulang telah memiliki UPT Metrologi Legal sebagai sarana untuk mengkontrol semua yang berkaitan dengan ukuran,” jelasnya. Sementara itu dari Balai Standarisasi Metrologi Legal (BSML) Regional I Medan Heru Subroto mengemukakan peringatan Harkonas ini sebagai pemecahan Rekor Muri dengan penandatanganan 251 UPT Metrologi Legal seluruh Indonesia, ujarnya.

Dalam Video Conference dengan  Menteri Peradangan Enggartiasto Lukita yang berlangsung selama dua menit, Bupati Soekirman menyampaikan usulan dalam keterbatasan sarana dan prasarana serta SDM agar kedepannya dalam hal mobilisasi pelayanan tertib ukur bagi masyarakat  dapat ditingkatkan lagi. Dalam kesempatan tersebut hadir Kasdim 02/04 DS, Wakapolres Sergai,  dari BSML Regional I Medan Heru Subroto, mewakili Kajari, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD serta pengusaha di Kabupaten Sergai. MC Sergai/vivi

305 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *