Tinjau Pelaksanaan UNBK dan USBN

Bupati Soekirman Berikan Semangat dan Motivasi Kepada Siswa

Perbaungan, Siswa-siswa ini adalah anak-anak Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang juga anak kita semua serta merupakan generasi penerus bangsa, dimana Pemerintah Daerah wajib bertanggung jawab secara moral untuk memantau dan memfasilitasi ujian ini jika ada kekurangan. Ujian hari ini telah dilaksanakan berbasis Informasi dan Teknologi (IT) sehingga memang tidak memakai kertas lagi, artinya meminimalisir mencontek serta sistem pengawasan yang telah jauh lebih baik.

Hal ini dikemukakan Bupati Sergai Ir H Soekirman disela-sela peninjauan pelaksaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SMP/MTs Sederajat Tahun Ajaran 2018-2019 bertempat di SMKN 1 Perbaungan Komplek Replika Intana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun dan SMPN 1 Perbaungan, Senin (25/3) pagi .

Turut mendampingi Bupati Soekirman Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang Drs Panisean Tambunan, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik MM didampingi Kabid SMP Sugianto, S.Pd dan Kabid PTK Pujiono, S.Sos, MAP, Camat Perbaungan Gunawan JW Hasibuan, S.STP, Kacabdis Sei Rampah Dinas Pendidikan Provsu Drs Yeddi Effendi Sipayung MPd, Kasek SMK Negeri 1 Perbaungan Rizal Amri Nasution, S.Pd, M.Si, Kasi SMK Awaluddin, SE, Kasek SMP Negeri 1 Perbaungan Drs.Hambali, M.Pd.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa selaku penyelenggara pemerintah daerah, kami hadir untuk memberikan semangat dan motivasi kepada para siswa, agar tetap konsentrasi karena masih ada tiga hari lagi ujian yang akan dijalani.

 “ Agar sepulangnya dari ujian senantiasa berhati-hati diperjalanan dengan mematuhi peraturan berlalu lintas untuk keselamatan diri sendiri dan orang lain,” pesan Bupati.

Tak lupa juga Bupati Soekirman mengapresiasi kesiapan SMK dan SMP guna melaksankan ujian ini mulai dari perangkat dan piranti pendukung ujian ini dan diharapkan tidak ada kendala apapun dalam pelaksanaannya, disamping berharap seluruh siswa dapat mengerjakan soal dengan baik dan lulus 100%.

Sebelumnya Kacabdis Sei Rampah Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Drs Yeddi Effendi Sipayung, M.Pd menyampaikan UNBK tingkat SMK dilaksanakan selama empat hari mulai 25-28 April 2019. Sedangkan jumlah sekolah negeri dan swasta yang melaksanakan UNBK tingkat SMK Wilayah Cabang Dinas Pendidikan Sei Rampah meliputi Kabupaten Sergai 39 sekolah dan Kota Tebing Tinggi 17 sekolah dengan total peserta UNBK 5.205 siswa dengan perincian laki-laki 2.991 siswa dan perempuan 2.214 siswa.

Sementara itu Kasek SMK Negeri 1 Perbaungan Rizal Amri Nasution, S.Pd, M.Si menyampaikan jumlah peserta UNBK di SMK Negeri 1 Perbaungan 231 siswa dengan perincian laki-laki 135 siswa dan perempuan 96 orang terbagi dalam tiga kompetensi keahlian yaitu Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor dan Teknik Komputer Jaringan. Sama halnya dengan Kabid SMP Dinas Pendidikan Sergai Sugianto, S.Pd, MM menyampaikan mengutarakan bahwa total peserta USBN Tingkat SMP/MTs sederajat tahun 2019 se-Sergai berjumlah 7.953 siswa dengan perincian laki-laki 3.955 siswa dan perempuan 3.998 siswa. USBN tingkat SMP/MTs sederajat ini dilaksanakan selama enam hari mulai 25-30 Maret 2019 dengan 10 mata pelajaran yang diujikan.

Sedangkan Kasek SMP Negeri 1 Perbaungan Drs. Hambali, M.Pd menyampaikan peserta USBN di SMP Negeri 1 Perbaungan berjumlah 362 siswa dengan perincian laki-laki 137 siswa dan perempuan 225 siswa, ujar Hambali. MC Sergai/vivi

684 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *