Peringatan Hardiknas Tahun 2019 Kabupaten Sergai Berlangsung Khidmat

*Momentum Hardiknas Konsentrasikan Potensi Pendidikan Nasional dan Pembangunan SDM

Pegajahan, Jajarn Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 di halaman SMPN 1 Pegajahan Kecamatan Pegajahan, Kamis (2/5). Pada Peringatan Hardiknas tahun 2019 ini peserta upacara memakai baju adat Melayu Teluk Belanga dan Baju Kurung. Upacara berlangsung khidmat, dengan mengusung tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”

Turut hadir dalam pelaksanaan upacara Bupati Sergai Ir H Soekirman, Forkopimda, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik MM beserta jajaran, Kepala OPD, Kepala BNN Drs. Adlin Tambunan, Dewan Pendidikan Sergai, Pimpinan Bank Sumut Sei Rampah Ahmad Pasundan Tarigan, Tokoh Pemuda Dimas Triadji, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan, Kepala Sekolah dan siswa-siswi SD/SMP se-Kecamatan Pegajahan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Sergai Ir H Soekirman Pemimpin Upacara Bangun Saragih, S.Pd dan Perwira Upacara Sugianto, S.Pd.

Dalam sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy yang dibacakan oleh Bupati Sergai H Soekirman mengatakan bangsa Indonesia baru saja melewati puncak perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu), dilihat dari sudut pandang pendidikan di dalam Pemilu harus terjadi proses pembelajaran bagi setiap warga negara. Proses belajar ini adalah momentum menuju perubahan tingkah laku menuju kedewasaan. Terbentuknya warga negara yang demokratis merupakan tujuan pendidikan nasional kita.

Lebih lanjut disampaikan Mendikbud bahwa kecukupan infrastruktur adalah prasyarat untuk menjadi negara maju. Disamping pembangunan infrastruktur, pemerintahan juga memulai pembangunan dari pinggiran. Dengan terbangunnya infrastruktur khususnya transportasi dan komunikasi, konektivitas seluruh wilayah indonesia dapat diwujudkan.

Mendikbud menambahkan, dalam rangka mewujudkan kebijakan tersebut di sektor pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memberi perhatian khusus untuk pendidikan di wilayah terluar, terdepan dan tertinggal. Bahkan Kemendikbud memberi perhatian khusus pada pendidikan anak-anak Indonesia yang berada di luar batas negara.

“ Sebagaimana telah disampaikan oleh Presiden RI perhatian pemerintah saat ini mulai bergeser dari pembangunan infrastruktur ke pembangunan SDM. Sektor pendidikan dan kebudayaan menemui urgensinya, terkait hal tersebut tema Hardiknas tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.”  Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan,” ujar Mendikbud.

Dalam perspektif Kemendikbud pembangunan SDM menekankan pada dua penguatan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan siap memasuki dunia kerja. Saat ini peserta didik kita didominasi Generasi Z yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui Tri Pusat Pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarkat.

Oleh karenanya, melalui momentum Hardiknas ini marilah kita konsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan SDM sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif, tandas Mendikbud Muhadjir Effendy.  MC Sergai/vivi

255 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *