Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Pemilu 2019 KPUD Sergai

*Pelaksanaan Pemilu di Sergai Berlangsung Kondusif

 Pantai Cermin, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman menghadiri Pembukaan Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Legislatif Tahun 2019 yang digelar oleh KPUD Sergai di objek wisata Aula Theme Park Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (2/5). Dalam kesempatan tersebut, Bupati Soekirman mengungkapkan ucapan syukur kepada Allah SWT Tuhan YME bahwa show must go on, proses harus terus berlangsung meski banyak hambatan pada gelaran Pemilu Tahun 2019 ini.

“ Alhamdulillah Sergai dari semua tahapan Pemilu sampai pleno hari ini masih dalam kondisi yang kondusif. Semua penyelenggara selamat dan kegiatan berjalan lancar termasuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada 2 TPS di Kecamatan Pegajahan kemarin,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa hal tersebut menunjukkan penyelenggara Pemilu di Sergai ini tidak asal-asalan serta pelaksanaannya mengikuti seluruh prosedur dan mekanisme yang berlaku. Ini semua tentu menjadi catatan dibandingkan dengan daerah lain, mudah-mudahan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 ini mengulang kesuksesan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2014 yang lalu dengan predikat daerah pelaksana Pemilu Terbaik Tahun 2014 lalu, ujar Soekirman.

Bupati menambahkan bahwa di Sergai terdapat sekitar 451 ribu pemilih dengan 2.171 TPS, jadi jangan dikira mudah melaksanakannya, sebab jika Pemilu Sergai ini tidak bisa masuk sebagai satuan bulat penghitungan KPU RI, maka akan sangat mempengaruhi suksesnya pelaksanaan gelaran demokrasi ini.

“ Pemilu ibarat olahraga terjun payung yang zero-mistake, unsur pelaksananya tidak boleh melakukan satu kesalahan apapun. Maka untuk itu kami sebagai pemerintah daerah menyatakan bahwa semua pihak yang ikut serta mulai dari KPPS, PPS, PPK, KPU, bahkan sopir pengangkut logistik Pemilu serta TNI/Polri sangat layak diberikan penghargaan tinggi atas jasa dan sumbangsihnya,” tukasnya.

Dalam pesannya Bupati menyampaikan bahwa sengketa Pemilu itu pasti ada, dan sengketa biasanya hanya dalam hal selisih perolehan suara antara satu pihak dengan pihak lainnya, maka agar kita kembali pada fakta-fakta yang ada guna pembuktian yang nyata berdasarkan keterangan dari saksi-saksi yang ada pada tempat pemungutan suara itu berlangsung. Hal tersebut akan dapat menyelesaikan sengketa yang ada dengan terang benderang dan dapat diterima oleh semua pihak, pesannya.

“ kepada orang-orang yang mendapat amanah, serta menjalankan amanah yang diberikan dengan sebaik-baiknya guna kemakmuran rakyat. Juga kepada KPU, Bawaslu, TNI/Polri, KPPS, PPS, PPK, KPUD dan semua masyarakat disampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama yang baik sehingga proses demokrasi ini berjalan dengan baik dan kondusif,” tandas Bupati.

Samentara Kapolres Sergai AKBP Juliarman Eka Pasaribu S.Sos SIK M.Si mengemukakan bahwa usaha untuk menjaga jalannya proses dan pesta demokrasi yang telah dilaksanakan tahapannya kurang lebih 7 (tujuh) bulan lamanya. Untuk hal tersebut, Operasi Mantap Brata telah kami laksanakan guna mengamankan proses Pemilu ini hingga saat ini dan tidak ada satupun korban jiwa pada gelaran Pemilu ini.

“ Semoga rapat pleno ini dapat menghasilkan keputusan yang sebaik-baiknya, demokratis dan dapat diterima oleh kita semua,” imbuh Kapolres.

Proses pesta demokrasi dari berbagai daerah lanjut Kapolres, ada beberapa kejadian dan jatuhnya korban, namun Alhamdulillah di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini tetap aman dan kondusif berkat kerjasama semua pihak, pungkas Kapolres. Dalam kesempatan yang sama Ketua KPUD Sergai Erdian Wirajaya, S.Sos melaporkan Rapat Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Tingkat Kabupaten Sergai Pemilu Tahun 2019 dilaksanakan mulai tanggal 2-5 Mei 2019.

Sejak Agustus 2017 dimulai tahapan Pemilu Serentak Tahun 2019, KPU Sergai telah melaksanakan tahapan-tahapan dan puncaknya adalah perhitungan suara dari tingkat KPPS dan hasilnya adalah formulir C1. Selanjutnya tanggal 18 April – 4 Mei kegiatan rekapitulasi di tingkat Kecamatan di laksanakan pada 17 Kecamatan, dilanjutkan 20 April-5 Mei dipusatkan di KPUD Sergai yang merekap C1 Kecamatan untuk dijadikan Formulir BB Laporan kepada KPU Provinsi dan selanjutnya hingga menjadi penetapan Hasil Pemilu Serentak Tahun 2019 oleh KPU RI.

“ Kami berharap proses Pemilu Serentak Tahun 2019 di Kabupaten Sergai dapat berjalan lancar dan kondusif dan ucapan terimakasih serta apresiasi atas dukungan dan kinerja pihak TNI-POLRI, Bawaslu serta seluruh masyarakat Kabupaten Sergai yang sangat dewasa dalam bersikap guna menjaga persaudaraan tetap terjalin dengan erat,” ungkap Erdian.

Acara dimulai dengan Deklarasi Jaga Pemilu 2019 Aman dan Damai oleh para Ketua Parpol, unsur Forkopimda, KPU dan Bawaslu serta diisi dengan penandatanganan Berita Acara Penerimaan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2019. Hadir juga dalam kesempatan Dandim 0204/DS Letkol Kav. Syamsul Arifin, SE MTr (Han), perwakilan Kajari, Para Asisten, Staf Ahli Bupati, Komisioner KPU, Ketua Bawaslu Agusli Matondang, Pimpinan Parpol, PPK, Koordinator dan Saksi Paslon Capres dan Partai, serta unsur terkait lainnya. MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *