Pemkab Sergai Akhiri Kunjungan Halal Bihalal di Kecamatan Kotarih dan Silinda

Kotarih,  Mengakhiri kunjungan silaturahim halal bihalal hari raya Idul Fitri 1440 H, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) mengunjungi Kecamatan Kotarih dan Silinda, Jumat (28/6/2019).

Hadir dalam kunjungan tersebut Bupati Sergai Ir H Soekirman, Wabup H Darma Wijaya, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Kadis Kominfo Drs H Akmal, M.Si, Kepala OPD, Camat Kotarih Esdin Damanik, SH, Camat Silinda Usman, S.Sos, Muspika, Kepala Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, alim ulama, Korwilcam Bidang Pendidikan, tenaga Pendidik dan tenaga kependidikan, tenaga Kesehatan, ormas/OKP, serta ratusan masyarakat.
Saat menyampaikan sambutannya Bupati Sergai Ir H Soekirman didampingi Wabup H Darma Wijaya menyampaikan apresiasi terhadap Aparat Kecamatan dan Muspika yang telah menjaga dan memberikan pelayanan masyarakat yang baik dan akan terus ditingkatkan.
Bupati menambahkan, seperti yang tertuang dalam program nawacita sama halnya dengan membangun Kecamatan Kotarih ini dimulai dari pinggiran yaitu desa. Selanjutnya akan ditindaklanjuti pembangunan jembatan dan infrastruktur jalan di kecamatan yang kita cintai ini.
” Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh unsur masyarakat Kotarih atas dukungan dan kerjasama selama ini dalam peran sertanya mensukseskan pembangunan, ” ujar Bupati.
Oleh karenanya kami imbau kepada seluruh masyarakat agar pro-aktif dalam pembangunan seperti halnya pembangunan swadaya masyarakat ataupun CSR dari perusahaan sekitar sehingga membangun daerah itu bukan hanya menunggu dana dari pemerintah saja.
Kami optimis pembangunan akan semakin baik dan banyak sebab perwakilan rakyat asal Sergai di DPRD Sumut cukup banyak pada periode tahun ini, sehingga tentu kita banyak berharap kepada mereka sebagai putra Sergai, tandas Bupati.
Sementara itu saat di Kecamatan Silinda, Bupati mengajak seluruh yang hadir agar menanamkan rasa bangga pada daerah kita dimana pun berada, sebab jika kita bangga, maka daerah tersebut akan berprestasi, dan jika berprestasi maka akan maju dan berkembang.
Terkait pembangunan infrastruktur jalan, disampaikan disini bahwa permohonan tersebut telah masuk dalam rencana dan dalam waktu dekat Insya Allah akan terealisasi sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Kecamatan Silinda, ungkap Soekirman.
Kemudian yang tak kalah penting adalah banyaknya orang sakit disekitar kita. Dengan demikian bahwa kebersihan lingkungan adalah faktor terpenting bagi kesehatan masyarakat.
” Untuk itu tak jemu-jemunya kami mengimbau masyarakat untuk mensukseskan Gema Losari (Gerakan Masyarakat Membuat Lobang Sampah Sendiri), sebab selain menjaga kesehatan lingkungan juga kita akan mengurangi setidaknya 70 persen permasalahan sampah yang semakin mengkhawatirkan,” pungkas Bupati Soekirman.
Dalam kesempatan tersebut Camat Kotarih Esdin Damanik  mengutarakan bahwa kegiatan ini digelar untuk menjalin silaturahmi antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat. Semoga kedekatan dan persaudaraan kita semakin kuat dan kokoh untuk membangun kecamatan Kotarih menjadi jauh lebih baik kedepannya.
Sama halnya juga dengan Camat  Silinda Usman, S.Sos berpendapat bahwa dalam momen ini menjadi momen bertemunya pemimpin dengan masyarakat dan pada acara ini kita saling bermaafan serta menjalin kembali tali silaturahim yang mungkin tiada sengaja terdapat kesalahan dan hal yang tidak berkenan di hati.
Sedangkan tokoh masyarakat Kotarih yang diwakili oleh Letkol (Purn) TNI J Purba menyampaikan kepuasan atas kinerja pembangunan dari pemerintah dalam hal ini Pemkab Sergai. Dalam kesempatan ini juga diserahkannya Kartu Keluarga Sejahtera Bantuan Pangan Non Tunai (KKS-BPNT) Baru kepada masyarakat Kotarih sehingga diharapkan dapat membantu golongan masyarakat kurang mampu.
Terkait pembangunan, di Kecamatan Kotarih hanya tinggal satu desa saja yang belum tersentuh aspal, dan kami berharap tahun ini masyarakat desa tersebut dapat merasakan jalan beraspal. Kemudian infrastruktur di kecamatan Kotarih khususnya Jembatan Paku hingga kini perlu pembenahan sebagai urat nadi perekonomian masyarakat.
Mengenai polemik harga hasil bumi yang menurun, Letkol J Purba berharap pemerintah daerah dapat membantu kami agar harga hasil bumi dapat selaras dengan harga pasar sehingga dapat membantu peningkatan perekonomian masyarakat Kotarih ini.
” Untuk itu, kami terus mendukung program pembangunan Bupati Soekirman dan Wabup Darma Wijaya hingga selesai masa tugas dan periode selanjutnya,” tukasnya.
Senada dengan tokoh masyarakat Kotarih, tokoh masyarakat Silinda J Barus juga mengatakan bahwa
Apa yang pernah kami sampaikan terkait pembangunan terdahulu, telah banyak terlaksana dan kami rasakan di Kecamatan Silinda ini. Hal ini menjadi bukti realisasi janji dari Bupati dan Wabup untuk mensejahterakan masyarakat.
” Kami berharap untuk lebih meningkatkan perekonomian masyarakat, kedepannya di Kecamatan Silinda semoga segera lahir BUMDes yang akan kami kelola dengan sebaik-baiknya sesuai arahan Bupati Soekirman dan Wabup Darma Wijaya,” kata J Barus.
Guna menambah berkah HBH, Ustadz Sutrimo Handoyo menyampaikan tausiyah yang mengajak kita semua untuk mengingat susah disaat senang, ingat sakit disaat sehat, serta yang paling utama mengingat hidup sebelum mati. Bahwa setiap manusia pasti akan mengalami kematian, maka untuk itu persiapkan diri dengan amal ibadah agar menjadi bekal di alam mahsyar kelak.
Acara diisi dengan tepung tawar jemaah calon haji serta penyerahan tali asih. Penyerahan Kartu Keluarga Sejahtera Bantuan Pangan Non Tunai (KKS-BPNT) Baru kepada masyarakat Kotarih serta pencanangan Gerakan Masyarakat Membuat Lobang Sampah Sendiri (Gema Losari) di Kecamatan Kotarih.(Mc/Sergai/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *