Peninjauan Rencana Rehabilitasi Puskesmas Pangkalan Budiman,

Wabup Sergai :  Ubah Paradigma Pelayanan Kesehatan Dengan Menghadirkan Negara Ditengah Masyarakat

 

Sei Rampah, Untuk memastikan kondisi infrastruktur khususnya pada bidang kesehatan masyarakat, Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) H Darma Wijaya meninjau lokasi rehabilitasi Puskesmas Pangkalan Budiman Kecamatan Sei Rampah, Selasa (9/7/2019).

Wabup Darma Wijaya hadir didampingi Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes beserta jajaran dan tokoh masyarakat Sei Rampah Ustadz Kisai Dalimunthe.

Disela-sela tinjauannya, Darma Wijaya menyampaikan bahwa negara wajib hadir dalam upaya menjamin kesehatan masyarakat, maka untuk itu kami berkewajiban hadir untuk melihat kondisi infrastruktur pendukung kesehatan masyarakat yang akan direhabilitasi sehingga dapat segera terwujud.

Saat ini lanjut Wabup, terkadang untuk Rumah Sakit atau Puskesmas telah banyak salah persepsi dari masyarakat. Tidak sedikit masyarakat saat ada biaya yang lebih memilih berobat keluar daerah bahkan sampai keluar negeri, namun setelah tidak memiliki biaya lagi baru dibawa kesini. Maka tidak jarang ketika pasien tidak dapat tertolong baru dibawa ke Rumah Sakit atau Puskesmas yang ada di Sergai ini, justru persepsinya malah disalahkan Rumah Sakit atau Puskesmas kita yang tidak mampu dan dianggap tidak becus.

“ Jadi persepsi dan paradigma itulah yang harus diubah, sebab pengalaman yang saya alami pernah berobat ke Penang, saya bandingkan dengan Rumah Sakit atau Puskesmas disini baik pelayanan maupun diagnosa  hasilnya sama. Artinya sebenarnya mutu tenaga kesehatan yang kita miliki sudah cukup baik, maksimal dan prima serta tak kalah dengan Rumah Sakit luar negeri,” katanya.

Dengan rehabilitasi Puskesmas Pangkalan Budiman ini diharapkan dapat meyakinkan masyarakat sekaligus merubah paradigmanya melalui kinerja yang prima dan total sebagai bentuk hadirnya negara ditengah-tengah masyarakat. Tentu semua ini sangat membutuhkan peran dan dukungan serta kerjasama dengan seluruh unsur masyarakat, harap Wabup Sergai.

Sementara itu Kadis Kesehatan dr Bulan Simanungkalit, M.Kes mengatakan terkait dengan rehabilitasi Puskesmas ini diangkat dari para tokoh masyarakat kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk memperhatikan secara khusus keberadaan dari Puskesmas Pangkalan Budiman ini. Dan kita melihat sekaligus menilai bahwa memang Puskesmas ini kurang representatif.

Hal demikian selain mengingat Puskesmas ini kondisinya sudah dibawah jalan, kemudian zamannya sekarang di Era Kesehatan Semesta, kita berharap agar bagaimana masyarakat dapat lebih memanfaatkan fungsi Puskesmas bukan hanya diperuntukkan bagi masyarakat sakit, namun juga bagi masyarakat sehat. Sehingga ditindaklanjuti bagaimana agar paradigma sehat ini dapat kita dukung dengan penyediaan fasilitasi kesehatan tingkat pertama yang lebih baik, ujarnya.

“ Tentunya dengan pembangunan ini kita berharap nantinya petugas kesehatan dapat nyaman melayani masyarakat dan masyarakat yang datang dapat dengan nyaman mendapatkan pelayanan kesehatan baik masyarakat yang sakit maupun yang sehat,” ujar dr Bulan.

Lebih lanjut disampaikan Kadis Kesehatan, mengingat Puskesmas ini juga terletak di Jalan Lintas Sumatera, tentunya akan kita mempersiapkan dan  disiagakan khusus untuk ibu-ibu hamil supaya dapat juga mendukung menurunkan angka kematian bayi dan ibu melahirkan.

Oleh karenanya, biaya rehabilitasi Puskesmas Pangkalan Budiman ini dilaksanakan bersumber dari APBN yaitu Dana Alokasi Khusus (DAK) Reguler, kemudian diperkirakan pengerjaanya selesai bulan Oktober tahun ini disebabkan bulan Nopember nanti Puskesmas ini harus mengikuti Akreditasi. Karena dengan akreditasi ini nantinya diharapkan sudah akan menghasilkan nilai dan kualitasi yang lebih baik dari sebelumnya, ujarnya penuh yakin.

Diakhir penyampaiannya, dr Bulan mengatakan bahwa perbaikan ini merupakan tindak lanjut aspirasi masyarakat yang mengharapkan Puskesmas yang representatif terlebih ada Puskesmas berskala nasional di Kecamatan Tanjung Beringin yang menjadi tolok ukur mereka.

“Kita juga mengharapkan masyarakat dapat mendukung dan berperan aktif agar Puskesmas yang telah dibangun dengan bagus, besar representatif nantinya dapat dimanfaatkan dan difungsikan dengan sebaik-baiknya, kata dr Bulan Simanungkalit.

Sedangkan tanggapan dari tokoh masyarakat Sei Rampah Ustadz Kisai Daimunthe

sangat mengapresiasi rencana rehabilitasi Puskesmas Pangkalan Budiman ini sebagai bentuk kepedulian yang baik dari Pemerintahan Soekirman-Darma Wijaya. Harapannya semoga dengan rehabilitasi Puskesmas ini masyarakat semakin dapat terlayani, makin baik dari sisi pelayanan dan kualitasnya.

Demikian juga aspek lingkungan, dengan adanya rehabitasi ini dapat semakin diperhatikan limbah pembuangannya sehingga tidak ada efeknya kepada jiran tetangga, pungkasnya. (Mc/Sergai/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *