Bupati dan Wabup Sergai Minta Kepengurusan Wartawan Unit Pemkab Dilanjutkan

Sei Rampah, Terkait dengan berakhirnya kepengurusan Wartawan Unit Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) periode 2016-2019, Kamis (11/7/2019) melaksanakan audiensi dengan Bupati Sergai Ir H Soekirman dan Wabup H Darma Wijaya di Ruang Rapat Bupati Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah.

Dalam audiensi tersebut hadir Kadis Kominfo Drs H Akmal, M.Si, pengurus Wartawan Unit Pemkab Sergai Darmawan, ST, Sugiono dan Budi Wijaya. Perwakilan dari PWI Mukhlis Siregar, perwakilan dari IJTI Deli Serdang-Sergai-Tebing Tinggi Fujianto, Ketua IWO Sergai Zuhari, Ketua KWRI Ronald Hutabarat, perwakilan AJI Novriandi dan Jhoni Sitompul.

Darmawan, ST selaku Ketua Koordinator Wartawan Unit Pemkab Sergai periode 2016-2019 menyampaikan bahwa masa jabatannya telah berakhir memohon saran dan masukan kepada Bupati Sergai Ir H Soekirman dan Wabup H Darma Wijaya agar kepengurusan Wartawan Unit Pemkab sebagai wadah dalam penyampai aspirasi selaturahmi tetap dilanjutkan pada periode berikutnya.

Sementara itu mewakili dari IJTI Fujianto menyampaikan perihal fasilitas dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Jurnalis Televisi, hal ini agar wartawan TV dapat diikut sertakan dalam pelaksanaan UKW di Kabupaten Sergai dengan harapan ingin meningkatkan kometensi dibidang kewartawanan.

Sedangkan Ketua IWO Sergai Zuhari sangat mengapresiasi atas apa yang sudah diberikan oleh Pemkab Sergai melalui Dinas Kominfo kepada seluruh wartawan Unit Pemkab. Kedepannya kami berharap agar kemitraan yang telah terjalin dengan baik selama ini dapat terus ditingkatkan serta  lebih meningkatkan program dan kegiatan yang lebih kreatif dan menarik.

Senada dengan Zuhari, Mukhlis perwakilan dari PWI Sergai mengemukakan bahwa kegiatan yang berkaitan dengan kewartawanan hendaknya terus ditingkatkan hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan intelektual jurnalis sehingga memiliki kompetensi yang baik.

“ Terkait dengan pelaksanaan UKW, kami sangat mendukung penuh karena ini dapat meningkatkan grade maupun kualifikasi wartawan itu sendiri. Sebagai mitra dari pemerintah kami juga mendukung program pembangunan di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat,” kata Mukhlis.

Sedangkan perwakilan dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Novriandi mengutarakan bahwa semenjak terbentuknya kepengurusan wartawan Unit Pemkab Sergai terdapat juga beberapa program dan kegiatan yang belum berjalan dengan maksimal. Oleh karena itu, kami berharap dengan kepengurusan Unit Pemkab yang baru nantinya, dapat berjalan dengan baik dan wartawan mampu menggali isu dan potensi yang dimiliki.

Kepedulian Pemkab Sergai dengan wartawan juga dapat dilihat dengan kembali digelarnya UKW nantinya. Hal ini tentu dapat dimanfaatkan oleh wartawan Sergai untuk meningkatkan kualitas dan wawasannya, ujar Novriandi.

Dalam hal ini Kadis Kominfo Sergai Drs H Akmal M.Si menyampaikan bahwa untuk program dan kegiatan yang diperuntukkan bagi wartawan yaitu anggaran kegiatan UKW dengan kapasitas 40 orang wartawan. Selain itu Kominfo Sergai juga trus berusaha meningkatkan keharmonisan dengan wartawan debagai mitra Pemkab Sergai dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat luas.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan bahwa wartawan/media merupakan “mata/telinga” bagi masyarskat dan pemerintah yang memiliki tingkat akurasi, validitas dan trust. Dengan demikian wartawan dituntut untuk menyebarluaskan informasi yang akurat dan terpercaya bagi masyarakat.

Sehubungan dengan program yang belum pernah dikerjakan, tentu hal ini ada kaitannya dengan anggaran. Sedangkan untuk keberlanjutan terbentuknya wartawan Unit Pemkab, Bupati meminta untuk terus dilanjutkan dan perlu dilakukan musyawarah dengan pengurus, selanjutnya malakukan organisasi yang naratif serta penyusunan program dan pemilihan pengurus.

Wartawan menjadi mitra yang baik dalam mengkritisi maupun sebagai partisipatif kami sangat mengapresiasi hal ini sebagai kritik dan saran untuk lebih berbenah kedepannya. Melalui berbagai program dan kegiatan khususnya kewartawanan, kami sangat berharap para wartawan berperan serta dalam kegiatan yang dimaksud. Hal ini juga sebagai wadah dalam peningkatan kualitas sebagai jurnalis.

Sementara itu Wabup H Darma Wijaya menambahkan bahwa wartawan sebagai penyampai informasi mempunyai sisi positif dan negatif. Seorang wartawan tentu sudah biasa mengkritik pemerintahan, namun mengkritiknya tentu yang sifatnya membangun demi kemajuan bersama. Bukan wartawan yang suka “ngemop” atau suka menakut-nakuti pejabat pemerintahan demi mengejar rupiah.

Namun, Wabup H Darma Wijaya juga sangat mengapresiasi kinerja wartawan Pemkab Sergai sebagai mitra telah mempublikasikan program dan kegiatan kepada masyarakat. Semua kritikan yang disampaikan  bersifat membangun demi perbaikan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat, tandas Wabup.( Mc/Sergai/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *