Sergai Gelar Pembekalan Program Sekolah Sehat Untuk SD/Sederajat

Bupati Soekirman : Sergai Akan Jadi Pelopor Berkibar dan Terpasangnya Plang Bendera Sekolah Sehat

Sei Rampah, Dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya siswa sekolah, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Kesehatan menjalin kerjasama dengan Lembaga Heartindo untuk menggelar Pembekalan Program Sekolah Sehat yang diperuntukkan bagi SD/Sederajat di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (15/7/2019). Bupati Sergai Ir H Soekirman dalam sambutannya melalui Kadis Kesehatan dr Bulan Simanungkalit, M.Kes menyampaikan bahwa ini merupakan mimpi kita bersama bagaimana kita mewujudkan visi misi Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.

Dikemukakannya juga bahwa sebuah kehormatan dan kebanggaan Heartindo bersedia menjalin kerjasama dengan Pemkab Sergai dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya siswa sekolah. Upaya kesehatan sekolah adalah program yang harus selalu didukung bersama. Sinergi dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo, Lembaga seperti Heartindo serta dukungan masyarakat sangat penting guna mewujudkan siswa dan sekolah yang sehat, ujar Bupati.

Bupati Soekirman menambahkan dalam hal ini diperlukan kegiatan bersifat inovatif dan unggul. Seperti yang disampaikan Heartindo bahwa sudah 9 tahun membina sekolah dibeberapa kabupaten/kota, namun hingga sekarang belum ada satu pun sekolah yang dinyatakan layak memasang plang sekolah sehat yang telah menerapkan 8 indikator sekolah sehat. Untuk itu pada kesempatan ini, kita memberanikan diri dan menjawab tantangan dari Heartindo untuk mewujudkan adanya sekolah sehat yang memenuhi kriteria penilaian dari Heartindo tersebut, ungkapnya.

Bupati berkeyakinan bahwa kita mampu menerapkan 8 (delapan) indikator sekolah sehat seperti yang disampaikan Heartindo tersebut seperti mencuci tangan sebelum makan, hal ini hanya masalah membiasakan salam kehidupan sehari-hari. Kemudian olahraga yang teratur yang akan kita budayakan. Selanjutnya penyediaan toilet sesuai rasio yang bersih dan standar khususnya di sekolah, kawasan tanpa asap rokok, pengelolaan sampah yang baik.

Selain itu pemberantasan jentik nyamuk untuk menghindari penyakit yang sebenarnya mudah namun jarang dilaksanakan oleh kita. Sedangkan yang terakhir adalah kontrol atas kantin dan jajanan yang bebas dari bahan berbahaya untuk menghindarkan siswa sekolah jajan sembarangan yang rentan membuat efek yang tidak baik bagi anak, tukas Bupati.

“ Kita tanamkan keyakinan bahwa Kabupaten Sergai Tanah Bertuah Negeri Beradat akan menjadi pelopor berkibar dan terpasangnya plang serta bendera sekolah sehat yang sesuai kriteria penilaian kelas nasional bahkan dunia, sehingga nantinya sekolah sehat akan melahirkan siswa yang unggul dan dapat diterima di Universitas Unggul di seluruh Indonesia,” harap Soekirman.

Bupati juga mempersilahkan kepada seluruh yang hadir untuk berinovasi dalam rangka memudahkan mencapai tujuan masyarakat sehat jiwa dan raganya. Dinas Kesehatan bersama Dinas Pendidikan serta Dinas Kominfo akan terus menyampaikan program ini kepada masyarakat untuk segera dicapai bersama dan bermanfaat untuk kita semua, tandas Bupati Soekirman.

Sementara itu Health Advisor Heartindo Handra Saragih, M.Kes mengutarakan bahwa Heartindo sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang peningkatan kesehatan telah melakukan pelayanan kesehatan di 13 kabupaten/kota di 3 Provinsi yaitu Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Utara dan Sumatera Barat. Pada hari ini para peserta akan dibekali dengan para fasilitator agar nantinya muncul komitmen bersama untuk berusaha sekuat tenaga membuat sekolah kita menjadi sekolah sehat yang memiliki 8 indikator.

“ Kami fokus agar membuat sekolah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), sebab sangat tidak mungkin anak pintar tapi dididik pada lingkungan sekolah yang tidak sehat, demikian juga sebaliknya,” kata Handra.

Oleh karenanya, waspadalah agar anak kita tidak sembarangan makan jajanan yang tidak sehat. Kita jaga lingkungan sekolah tetap sehat yang menjadi benteng utama mendidik siswa menjadi generasi pintar yang sehat jiwa dan raga, pesannya.

Diakhir sambutannya Handra menginformasikan bahwa sejak tahun 2009 Heartindo eksis di Kabupaten Sergai dalam rangka membantu meningkatkan kesehatan masyarakat dan kita menargetkan paling lama 2020 nanti sudah ada sekolah yang dipasang plang sebagai “ Sekolah Sehat “ yang telah menerangkan 8 indikator sekolah sehat serta diharapkan Sergai yang pertama meraihnya, ungkapnya optimis.

Sedangkan Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Sergai drg. Tatik Iswandari, M.Kes selaku panitia penyelenggara melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan mewujudkan Sekolah Sehat khususnya Sekolah Dasar (SD) sederajat se-Sergai. Kemudian meningkatkan derajat kesehatan peserta didik serta meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Metode kegiatan adalah ceramah, tanya jawab, diskusi dan curah pendapat serta narasumber kegiatan berasal dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Heartindo.

Hadir juga dalam kegiatan Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Sergai Drs Jon Lukman, MM, Jajaran Heartindo, serta ratusan guru SD se-Sergai. Melengkapi acara, Kadis Pendidikan Drs Joni Walker Manik, MM diwakili oleh Kabid SD Drs Jon Lukman, MM menyampaikan paparan berjudul “GCL (Green, Clean and Life) Suatu Gerakan Menuju Sekolah Sehat”. MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *