Raih Penghargaan KLA dan Puskesmas Ramah Anak

Darma Wijaya Harap Tingkatkan Inovasi dan Mutu Pelayanan Untuk Memberikan Pelayanan Terbaik Terhadap Anak 

Makassar, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) kembali meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2019 kategori “ Pratama” yang diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise pada puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang dilaksanakan di Hotel Four Point Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019).

Hal ini dikemukakan Wakil Bupati (Wabup) Sergai H Darma Wijaya yang disampaikan kepada Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs H Akmal, M.Si melalui WhatsApp langsung dari Kota Makassar. Usai menerima penghargaan Wabup H Darma Wijaya mengutarakan bahwa penghargaan KLA ini merupakan yang kelima kalinya diraih oleh Pemkab Sergai, namun ada yang istimewa pada momen kali ini karena Sergai juga meraih penghargaan Puskesmas Dengan Pelayanan Ramah Anak Terbaik Tingkat Nasional, kata Wabup.

Lebih lanjut disampaikan Wabup bahwa KLA  ini sebagai wujud nyata implementasi Konvensi Hak Anak dan berbagai peraturan perundang-undangan serta kebijakan terkait “ Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Khusus Anak,” katanya.  Ditambahkannya bahwa saat ini Kabupaten Sergai mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan media yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan.

Sedangkan program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak melalui pembentukan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) yang menyediakan pelayanan bagi perempuan dan anak korban kekerasan dengan meliputi pelayanan informasi, konsultasi psikologi dan hukum serta pendampingan, ujarnya.  Terkait dengan penghargaan Puskesmas Dengan Pelayanan Ramah Anak Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2019, penghargaan ini merupakan pertama kalinya. Dari sembilan ribuan Puskesmas di Indonesia, hanya 21 Puskesmas yang mendapat Penghargaan Ramah Anak dan salah satunya adalah Puskesmas Tanjung Beringin yang masuk dalam urutan 17 se-Indonesia.

Puskesmas ini merupakan “Puskesmas Ramah Anak” yang mempunyai visi Terwujudnya Masyarakat Tanjung Beringin Yang Sehat dan Mandiri dengan Pelayanan yang Profesional, Inovatif dan Berkelanjutan,” kata Wabup.  Dijelaskannya juga, Puskesmas Tanjung Beringin telah menerapkan inovasi puskesmas yang ramah terhadap anak, seperti kondisi ruangan yang memang sengaja dikonsep sesuai dengan kebutuhan anak sehingga akan menimbulkan kenyamanan bagi anak yang dirawat di Puskesmas ini, ungkapnya.

Semua penghargaan ini tidak terlepas dari komitmen seluruh petugas dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Program dan kegiatan Pemkab Sergai juga mendapat dukungan dari berbagai pihak terkait termasuk juga unsur masyarakat.

Oleh karenanya Wabup berharap peningkatan mutu pelayanan, inovasi-inovasi terbaru  terus dikembangkan sehingga kedepannya semua Puskesmas di Sergai dapat melayani anak dengan lebih baik dan maksimal, harapnya. Turut mendampingi Wabup H darma Wijaya, Kadis Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan  Perempuan Perlindungan Anak (P2KBP3A) beserta Kabid Pemenuhan Hak Perempuan Perlindungan Khusus Anak dan Pemenuhan Hak Anak, Kadis Kesehatan serta Kepala Puskesmas Tanjung Beringin. MC Sergai/vivi

371 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *