Idul Adha 1440 H/2019 M di Sergai Berlangsung Khidmat, Sergai Salurkan 2.127 Hewan Qurban

Sei Rampah,  Gema takbir berkumandang dipagi hari 10 Dzulhijah 1440 H, masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) berbondong-bondong untuk melaksanakan shalat Idul Adha, di lapangan sepak bola Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Minggu (11/8/2019).
Turut serta dalam jemaah shalat Idul Adha, Plh Bupati Sergai H Darma Wijaya, unsur Forkopimda, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala OPD serta ratusan masyarakat.
Shalat Idul Afha berlangsung khidmat, dalam Khutbah yang disampaikan oleh Drs H Hasful Huznain, SH yang merupakan Ketua BAZNAS Kabupaten Sergai menyampaikan bahwa Idul Adha disebut juga ” Hari Raya Haji” karena saat ini adalah momentum yang ditetapkan Allah sebagai pelaksanaan ibadah haji, yaitu rukun Islam yang kelima.
Sejak kemarin, berjuta umat Islam bagaikan lautan yang terbentang luas datang dari berbagai penjuru bumi berkumpul memadati padang Arafah yang tandus itu. Terbayanglah Adam dan Hawa dikala mereka mengarungi dunia yang sunyi senyap yang tiada penghuninya. Kedua insan ini saling mencari hingga dipertemukan Allah di Padang Arafah itu. Terbayang pula lah perjuangan Ibrahim, istri dan Ismail yang telah membuka lembaran sejarah dalam kehidupan manusia yang ingin memperoleh takwa lewat seruannya.
Sebagaimana digambarkan dalam Al-Quran surah Al-Hajj ayat 27 yang artinya ” dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan Haji, niscaya mereka akan datang kepadaMu dengan berjalan kaki mengendarai unta kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh.
Pada hari ini, ratusan ribu, bahkan jutaan umat Islam dari berbagai penjuru dunia berkumpul di daerah gurun pasir berbatu yang tandus, di bawah sengatan terik matahari, Arafah , Mina dan Makkataul, Makkaramah bergulat dengan kesyukuran dan keletihan tetapi semua ini mereka lakukan dengan penuh keikhlasan semata-mata untuk ridho Allah demi memenuhi panggilan  ilahi, ungkap Hasful Huznain.
Plh Bupati Tinjau Pemotongan Hewan Qurban
Usai melaksanakan shalat Idul Adha 1440 H, bertempat di Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah dan Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin , Plh Bupati Sergai H Darma Wijaya melakukan peninjauan pemotongan hewan qurban.
Turut mendampingi Plh Bupati H Darma Wijaya, Ketua DPC GOPTKI Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, tokoh agama, dan masyarakat sekitar.
Disela-sela peninjauannya, H Darma Wijaya menyampaikan bahwa pada Idul Adha 1440 H tahun 2019 ini, jumlah hewan qurban yang dialokasikan oleh Pemkab Sergai berjumlah 75 ekor dengan perincian 66 ekor sapi dan 9 ekor kambing yang disebar di 17 Kecamatan di seluruh wilayah Kabupaten Sergai.
 Hewan qurban atas nama Bupati Sergai Ir H Soekirman beserta keluarga dialokasikan di Desa Tapak Meriah Kecamatan Silinda, sementara qurban atas nama Wabup H Darma Wijaya beserta keluarga ditempatkan di Lapas Tebing Tinggi, Kecamatan Sei Rampah serta Kecamatan Dolok Masihul, dan qurban atas nama Sekdakab Drs H Hadi Winarno, MM beserta keluarga dialokasikan di Makodim 0204/DS.
Sementara menurut data dari Dinas Ketahanan Pangan melalui petugas peternakan yang melakukan pendataan di masjid-masjid serta lokasi perdagangan hewan qurban diseluruh wilayah Kabupaten Sergai, jumlah hewan qurban dari masyarakat keseluruhan hingga awal Idul Adha mencapai 2.127 ekor dengan perincian sapi 980 ekor dan kambing 1.147 ekor.
” Kecamatan Sei Rampah menjadi yang terbanyak menyumbang hewan qurban dengan total 179 ekor sapi dan 100 ekor kambing. Namun data masih dapat bertambah mengingat hari tasyrik Idul Adha adalah menunggu hingga tiga hari kedepan,” kata Darma Wijaya.
Jumlah tersebut diatas sudah termasuk alokasi 2 (dua) ekor sapi dari Pemprovsu sebagai kompensasi atas kontribusi Kabupaten Sergai yang termasuk 3 besar penyumbang hewan qurban di Sumut. Hewan qurban dari Pemprovsu tersebut disalurkan di Desa Pegajahan Kecamatan Pegajahan dan Desa Martebing Kecamatan Dolok Masihul.(Mc/Sergai/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *