Tabuh Bedug dan Pawai Mobil Hias Warnai Perayaan Idul Adha 1440 H di Sergai

Dolok Masihul, Menyambut Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1440 H/2019 M, jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggelar acara Takbir Idul Adha bertempat di Masjid Istiqomah Desa Dolok Manampang Kecamatan Dolok Masihul, Sabtu (10/8/2019) malam.
Turut hadir dalam acara  Plh Bupati Sergai H. Darma Wijaya, Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST, Kapolres Sergai AKBP. Juliarman Eka Putra Pasaribu, S.Sos, S.IK, M.Si, Sekdakab Sergai Drs. Hadi Winarno, MM, Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua MUI Sergai Kh. Luckman Yahya, para Asisten, Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, Camat, Kepala Desa dan Lurah, tokoh agama, tokoh masyarakat serta ribuan masyarakat Sergai.
Mengawali sambutannya Plh Bupati H Darma Wijaya menyampaikan bahwa takbir yang telah berkumandang sejak terbenam matahari menunjukkan kembali eksistensi kita sebagai mahluk Allah SWT.
Pelaksanaan takbir Idul Adha Kabupaten Sergai tahun ini akan dimeriahkan dengan kegiatan pestival tabuh/bedug dan pawai mobil hias. ” Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan kegiatan hari raya Idul Adha dan sebagai bentuk hadirnya negara di tengah-tengah masyarakat” kata Darma Wijaya.
Lebih lanjut disampaikan Plh Bupati, selain berhubungan erat dengan ibadah haji, hari raya Idul Adha sangat erat kaitannya dengan pelaksanaan ibadah qurban. Kita diingatkan oleh sejarah yang terjadi pada masa silam. Perintah qurban yang ditujukan kepada Nabi Ibrahim AS untuk menyembelih putera kesayangannya dan satu-satunya yaitu Ismail.
Ujian atau perintah Allah itu bagi Nabi Ibrahim memang dirasakan berat. Akan tetapi semua itu dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim dengan tulus, ikhlas, dan berserah diri kepada Allah karena beri’tikaf dan berkeyakinan bahwa perintah itu darangnya dari Allah dan harus dikerjakan sekalipun nyawa taruhannya, ungkap Plh Bupati.
Darma Wijaya mengutarakan bahwa pelaksanaan ibadah qurban selain bernilai ibadah untuk memenuhi perintah Allah dan Rasulnya, ternyata mempunyai nilai-nilai kemanusiaan dan sosial. Hasil penyembelihan hewan qurban akan dibagi kepada masyarakat terutama yang berada pada keadaan fakir dan miskin.
” Hal ini menunjukkan bahwa Islam adalah agama yang komprehensif, dimana ibadah tidak semata-mata untuk melaksanakan ritual sebagai bukti ketaatan kepada Allah. Tetapi juga memiliki dampak sosial yang luar biasa untuk saling berbagi terhadap sesama, ” pungkas Plh Bupati.
Sementara itu Ketua DPRD Sergai H. Syahlan Siregar, ST menyampaikan momen Idul Adha harus kita manfaatkan untuk menjalin hubungan baik dengan semua elemen masyarakat sehingga apa yang menjadi tujuan di Kabupaten Sergai dalam rangka mensejahterahkan masharakat dapat terealisasi dengan baik.
Sementara itu Kabag Kesra Arianto melaporkan bahwa Pemkab Segai telah menyembelih lembu sebanyak 66 ekor dan 9 ekor kambing. Sedangkan tujuan dari kegiatan adalah untuk meningkatkan pemahaman keagamaan umat Islam di Sergai serta menjalin silaturahmi antara Pemkab Sergai dengan masyarakat.
Diakhir acara diumumkan pemenang lomba tabuh bedug, juara satu diraih oleh Kecamatan Dolok Masihul, juara dua Kotarih dan juara tiga  kecamatan Silinda. Sedangkan pawai mobil hias juara satu diraih Dolok Manampang Kecamatan Dolok Masihul, juara dua Teluk Mengkudu, juara tiga Dolok Masihul 2 Kecamatan Dolok Masihul.(Mc/Sergai/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *