Sambut Hari Raya Idul Adha 1440 H, Pemkab Sergai Lakukan Pemeriksaan Terhadap Hewan Qurban

Pegajahan, Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) melakukan pengawasan, peninjauan dan pemeriksaan terhadap hewan yang akan dijadikan qurban, salah satunya hewan milik warga bernama Wahyan di Desa Pegajahan Kecamatan Pegajahan, Sabtu (10/8/2019).
Demikian disampaikan Kadis Ketapang Sergai M Aliuddin, SP, MP kepada Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Drs H Akmal, M.Si melalui WhatsApp usai melaksanakan kegiatan tersebut.
Dijelaskan Akmal bahwa Kadis Ketapang M. Alimuddin yang didampingi Kabid  Peternakan dan Kesehatan Hewan drh Andarias Ginting dan para penyuluh peternakan dan masyarakat mengatakan bahwa mengingat hari Minggu adalah Hari Raya Idul Adha, seluruh masyarakat Indonesia terkhusus di Tanah Bertuah Negeri Beradat melakukan pemotongan hewan qurban demi terjaganya kualitas hewan tersebut yang sesuai dengan aturan syariat Islam dan halal untuk di konsumsi.
Oleh karenanya, kelayakan  hewan qurban sesuai syariat Islam dan halal itu sangat penting sekali, maka dari itu kami melakukan peninjauan dan pemeriksaan kesehatan hewan hewan yang akan di jual kepada masyarakat, katanya.
Dalam hal pemilihan hewan qurban, lanjut Akmal, Kadis Ketapang  menyarankan kepada masyarakat untuk teliti dalam memilih, yaitu dengan memperhatikan kondisi fisiknya tidak ada yang cacat seperti kakinya tidak cacat, kupingnya tidak koyak, alat kelaminnya lengkap, bulu mengkilap dan kesehatan lainnya juga harus kita perhatikan.
Selanjutnya hewan qurban tersebut sakit atau sehat serta perhatikan jumlah usia yang ideal dalam memilih hewan qurban sesuai dengan syariat Islam, pesannya.
Lebih lanjut dijelaskan M Aliuddin bahwa sesuai dengan UU No 41 tahun 2014 tentang peternakan dan kesehatan hewan itu sudah ada ketentuannya, kita dilarang memotong sapi betina produktif dan anak sapi produktif untuk di produksi demi menjaga populasi hewan ternak di Indonesia
Selain melakukan peninjauan dan pengawasan kami disini juga dilakukan pemberian vitamin kepada hewan dan juga pemberian obat cacing demi menjaga kesehatan hewan. Kemudian menggunakan suplemen dari Dinas Ketapang.
Mengakhiri tinjauan dan pengawasannya Kadis Ketapang dan jajarannya  menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan kandang, menjaga kualitas makanan hewan ternak agar hewan-hewan yang di hasilkan berkualitas dan sehat untuk di konsumsi masyarakat, seperti yang disampaikan Kadis Ketapang M Aliuddin, SP, MP kepada Kadis Kominfo Drs H Akmal M.Si.(Mc/Sergai/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *