Sergai Gelar Pelatihan TPK3 Bagi Ketua PKK Desa/Kelurahan

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Tim Pengerak PKK menggelar acara Pelatihan Tim Penggerak Ketua Kelompok-Kelompok (TPK3) bagi Ketua PKK desa/kelurahan Kabupaten Sergai Tahun 2019 di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (21/8/2019).

Dalam acara pelatihan yang dibuka oleh Sekretaris PKK Sergai Deny R Suganda, S.Sos, menghadirkan narasumber dari Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa Dirjen Bina Desa serta TP PKK Provinsi Sumut. Turut hadir juga pengurus PKK Kabupaten serta ratusan peserta dari PKK desa/kelurahan di Sergai.

Sedangkan laporan yang disampaikan oleh pengurus PKK  Jumaiyah mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan adalah sebagai penyelarasan dan penyeragaman dalam pelaksanaan pengelolaan, kelembagaan dan administrasi PKK yang disesuaikan dengan hasil Rakernas dan Rakerda. Kemudian agar tertatanya kelembagaan TP PKK dan kelembagaan kelompok Dasa Wisma. Selanjutnya untuk lebih mengoptimalkan pelaksanaan 10 program pokok PKK di Desa dan Kelurahan serta untuk melancarkan rencana strategis TP PKK Sergai tahun 2019.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 (dua) minggu dilaksanakan dengan tempat yang berbeda dan selang waktu 2 atau 1 hari baru dilaksanakan kembali. Adapun materi pelatihan tersebut meliputi kelembagaan PKK, sistem administrasi dan pelaporan 5 kategori dan kebijakan umum gerakan PKK sesuai Peraturan Presiden No. 99 tahun 2017, kata Jumaiyah.

Secara terpisah, Ketua TP PKK Sergai Ny Hj Marliah Soekirman melalui pesan WhatsApp menyampaikan kepada Kadis Kominfo Drs H Akmal M.Si, bahwa PKK selaku mitra pemerintah daerah memegang peranan penting untuk membantu pemerintah desa dan kelurahan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini agar terwujudnya keluarga yang maju, mandiri, dan harmonis serta mempunyai peran dalam menumbuhkembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

Hj Marliah berharap dengan adanya pelatihan ini kelompok PKK ditingkat desa mengetahui tugas dan fungsi dasawisma yang merupakan terobosan untuk membentuk dan memfungsikan dasawisma.

“ Semoga dengan pelatihan ini banyak mendapat manfaat serta dapat meningkatkan inisiatif dan partisipasi masyarakat dalam program kelangsungan hidup khususnya bagi kaum perempuan,” kata Hj Marliah.(Mc/Sergai/Nurul)

9 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *