Plh. Bupati Sergai Hadiri Pra EKPPD Kabupaten/Kota se-Sumut Tahun 2019

Medan,

Plh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H Darma Wijaya, Kamis (22/8/2019) menghadiri acara Pra Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) Kabupaten/Kota se-Sumut di Grand Aston City Hall Medan.

Turut hadir dalam acara, Gubsu Letjen (Purn) Edy Rahmayadi, Bupati/Walikota se-Sumut, Kepala BPK Perwakilan Sumut V.M. Ambar Wahyuni, Narasumber dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Inspektorat Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Forkopimda Provsu, Kabag Tapem se-Sumut, Tim Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dan EKPPD Kabupaten/Kota se-Sumut, serta stakeholder terkait lainnya.

Dalam sambutanya Gubsu Letjen (Purn) Edy Rahmayadi menyampaikan bahwa kegiatan EKPPD ini sangat penting, sesuai dengan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, otonomi daerah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menyediakan pelayanan umum dan meningkatkan daya saing daerah sesuai dengan potensi, kekhasan dan unggulan daerah yang dikelola secara demokratis, transparan dan akuntabel, katanya.

“ Melalui kegiatan ini, agar pemerintah daerah kabupaten/kota bisa meraih status penilaian Tinggi (T) dan sangat tinggi (ST) dalam hal EKPPD di tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Sedangkan untuk mencapai hasil maksimal atas pelaksanaan otonomi daerah dimaksud, pemerintah daerah selaku penyelenggara urusan pemerintahan harus dapat memproses dan melaksanakan hak dan kewajiban yang dimilikinya berdasarkan asas-asas kepemerintahan yang baik (good governace) sesuai dengan asas umum penyelenggara negara.

Gubsu juga menggarisbawahi tuntutan pemerintah pusat untuk mencapa 1 juta kunjungan wisatawan datang ke Sumut akan terpenuhi jika sarana prasarana serta infrastruktur yang diperlukan dapat didukung untuk dilaksanakan seperti LRT, Trans Mebidang yang semakin diperluas, gelanggang olahraga yang bertaraf internasional, Rumah Sakit Haji Mina yang baru akan dibangun dengan Standar Internasional dan menjadi rujukan semua masyarakat.

Selain itu perbaikan dan pengendalian masalah sampah yang akan mengadopsi teknologi Jepang untuk mewujudkan bersihnya Sumut melalui program membangun desa menata kota yang kita canangkan dan laksanakan saat ini.

“ Mari kita perbesar, kita cari dan gali potensi daerah yang dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat Sumut yang kita cintai ini,” ujarnya.

Saat ini Sumut dalam raihan peringkat 20 Provinsi dengan kinerja pemerintahan terbaik se-Indonesia. Dengan dipastikannya Sumut memiliki potensi yang jauh lebih baik dan banyak dari daerah lain misalnya Jatim, mari kita optimis dan bekerja bersama agar tahun berikutnya Sumut berada di 5 besar se-Indonesia.

Sumut ini bukan hanya untuk kita, namun juga untuk anak cucu kita. Jika salah kita mengelola keuangan dan anggaran, bukan hanya akan mendapatkan hukum pidana, namun juga akan mendapatkan sumpah yang tidak baik dari anak cucu dan generasi-generasi selanjutnya, pungkas Gubsu Edy Rahmayadi.

Usai menghadiri acara Pra EKPPD, Plh Bupati Sergai H darma Wijaya menyampaikan bahwa Pemkab Sergai akan berupaya meningkatkan kinerja, terutama dalam pelayanan publik disetiap sektor pemerintahan dengan maksimal. Hal ini tentu demi mensejahterakan masyarakat Kabupaten Tanah Bertuah  Negeri Beradat.

Oleh karenanya, Plh Bupati menyambut baik atas tugas dan tanggungjawab yang diamanahkan Gubsu untuk diemban pada masing-masing daerah demi meraih predikat terbaik dalam hal penyelenggaraan pemerintah daerah, tandas H Darma Wijaya.(Mc/Sergai/Nurul)

238 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *