Komisi Informasi Sumut Apresiasi Inovasi Pemkab Sergai

Medan,

Plh Bupati Serdang Bedagai (Sergai) diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Drs. H. Akmal, M.Si, beserta jajaran memaparkan Tata Kelola Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di Kantor Komisi Informasi Publik Sumatera Utara (Sumut) di Jl Bilal No. 105 Medan, Jumat (23/8/2019).

Pemaparan yang berlangsung di Aula  Kantor Komisi Informasi Provinsi dengan agenda Penilaian Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik Di Provinsi Sumut 2019.

Turut hadir dalam  pertemuan tersebut  para Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumut Drs. Robinson Simbolon, Eddy Syahputra, Abdul Jalil, Ramdeswati Pohan dan Meyssalina M.I Aruan.

Kadis Kominfo Drs H Akmal, M.Si yang turut didampingi Kabid PIKP H.  Zainal Abidin,  S.Pd, Kasi Kehumasan dan Layanan informasi Nurlenti Purba dan Hans Imanuel Prawira Siahaan Sekretariat PPID menyebut di era modern sekarang ini keterbukaan informasi publik sangat penting sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi badan publik terhadap masyarakat.

 “Untuk mendukung keterbukaan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat, Dinas Kominfo Sergai melakukan berbagai macam inovasi berbasis teknologi”. inovasi tersebut, di antaranya dengan membentuk Media Center sebagai media informasi seputar kegiatan yang ada di lingkungan Pemkab Sergai,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, ada beberapa inovasi lain yang dilakukan antara lain dengan membuat website kabupaten, website Organisasi Perangkat Daerah (OPD), website Kecamatan sampai website setingkat desa yaitu dengan program Sistem Informasi Desa (SID) dimana program ini diinisiasi oleh Yayasan Bitra Indonesia.

Dinas Kominfo Sergai juga  memiliki akun media sosial resmi kabupaten yaitu Facebook, Instagram dan Twitter. Tak cuma itu saja, Kabupaten Sergai lewat Dinas Kominfo juga sudah memiliki program talk show di  radio LPPL Sergai FM bertajuk “ Lensa Sergai “ yang mengudara setiap hari pukul 10:00 WIB pagi.

Yang paling menggembirakan, ia berujar, “hari ini kita mendapat apresiasi dari Komisioner KI Sumut karna  telah melakukan FGD uji konsekwensi terhadap informasi yang dikecualikan dalam bentuk berita acara dan akan ditingkatkan ke dalam keputusan Bupati sebagai bentuk komitmen keterbukaan informasi publik di Kabupaten Sergai,” karta Akmal.

 Komisi Informasi, sambungnya ,  juga memberikan saran agar Pemkab Sergai menambah anggaran PPID nya di tahun mendatang sebagai respon pada era keterbukaan digitalisasi 4.0,” ujar Akmal penuh semangat.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Publik, Robinson Simbolon mengapresiasi  kehadiran Kadis Kominfo beserta jajarannya. “Apa yang sudah dilakukan Pemkab Sergai terhadap keterbukaan informasi publik sudah baik dan tinggal melakukan penyempurnaan saja” imbaunya.

Penutup pertemuan hari ini Robinson menyampaikan bahwa Komisioner KI akan melakukan visitasi ke Kabupaten Sergai secepatnya untuk meninjau secara langsung mekanisme penerapan inovasi yang sudah dipaparkan dalam kegiatan tersebut, jelas Robinson.(Mc/Sergai/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *