Sukseskan Program Kebersihan Lingkungan Melalui “ Gema Losari “

Sei Rampah,

Demi suksesnya program kebersihan lingkungan, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Lingkungan Hidup menggelar rapat untuk membahas tentang progress program Gerakan Masyarakat Membuat Lobang Sampah di Rumah Sendiri (Gema Losari) di Aula Dinas Lingkungan Hidup Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (27/8/2019).

Rapat pembahasan tersebut dipimpin oleh Staf Ahli Bupati Syafrial Budi yang dihadiri oleh perwakilan Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, jajaran Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Kominfo Sergai.

Dikatakan Syafrial Budi bahwa tujuan dari dilaksanakannya pembahasan Gema Losari ini adalah menindaklanjuti Program Bupati Sergai. Untuk itu demi suksesnya program tersebut, perlu  dilakukan pembahasan lanjutan yang nantinya masyarakat dengan kesadarannya sendiri bisa melakukan pengelolaan sampah dari sumbernya. Demikian juga timbunan sampah yang berada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) akan semakin berkurang, kataya.

Untuk mengatasi masalah sampah ini, tambahnya, pemerintah dengan masyarakat harus saling bekerjasama agar sampah dapat teratasi dari sumbernya. “ Mengingat masalah sampah, Indonesia masuk dalam peringkat kedua setelah China terbanyak sampah plastik, dengan demikian Indonesia bisa dikatakan darurat sampah plastik,” ujarnya menegaskan.

Oleh karenanya, Pemkab Sergai mengajak semua elemen masyarakat untuk mensukseskan program gema losari yang dipercaya dapat mengurangi produksi sampah dari sumbernya. Sampah memiliki dampak negatif bagi kesehatan yang cukup tinggi. Untuk itu kita harus  selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Pemkab Sergai juga mengimbau seluruh masyarakat terkhusus masyarakat Sergai agar tidak membuang sampah sembarangan seperti dalam saluran air, di perkebunan, pinggir jalan, di sungai serta tempat tempat lain yang akan menimbulkan dampak negatif bagi kita semua, harap Safrial Budi.(Mc/Sergai/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *