Bupati Soekirman Apresiasi 3 Inovasi ASN Peserta PIM III

Pantai Cermin, Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Ir. H. Soekirman, meresmikan 3 (tiga) inovasi dari proyek perubahan Aparatur Sipil Negara (ASN) terpilih utusan Pemkab Sergai yang menempuh pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat III Banda Aceh.

Peresmian yang dilaksanakan di Kantor Camat Pantai Cermin pada Selasa (3/9/2019) ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, para Kepala OPD, Camat Pantai Cermin Erfin Fachrurrazi, S. STP, M.Si, mewakili Polda Sumut, mewakili Polsek Pantai Cermin, mewakili Koramil Pantai Cermin, Ketua MUI Kecamatan Pantai Cermin H. Muhammad Syarif Santoso, Forum Organisasi Masyarakat Sipil Indonesia (Formasi) dan para Kepala Desa se-Kecamatan Pantai Cermin.

Bupati Soekirman dalam sambutannya mengutarakan Ketiga inovasi tersebut adalah Klinik Bina Desa Terpadu (NINA SAPA), Optimalisasi Pemberdayaan Lembaga Usaha Ekonomi Desa Melalui Ruang Belajar Masyarakat Inovatif (OPLED RAMAI) dan Forum Penanganan Kekerasan Anak (FPKA).

NINA SAPA merupakan layanan konsultasi pengelolaan desa secara menyeluruh terkait administrasi keuangan, kelembagaan, partisipasi  masyarakat, lembaga usaha ekonomi dan pembinaan kehidupan masyarakat desa yang bertujuan untuk memberi solusi dan pemahaman menyeluruh bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan melalui pemanfaatan potensi desa, katanya.

Sedangkan Inovasi kedua, lanjutnya, OPLED RAMAI, secara garis besar dapat diterjemahkan sebagai lembaga yang memberikan jasa pelayanan dan fasilitas tentang akutansi, pemasaran, manajemen, permodalan dan hukum bagi lembaga usaha ekonomi yang ada di desa dalam upaya meningkatkan daya saing lembaga usaha ekonomi desa.

Terakhir, FPKA merupakan suatu forum yang dapat menyelengarakan komunikasi, informasi dan edukasi kepada masyarakat serta memberikan saran kepada pemerintah daerah dalam hal menyusun arah, prioritas serta kerangka kebijakan terkait perlindungan dan penanganan kekerasan terhadap anak.

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya untuk inovasi yang telah dibuat sehingga mampu dirasakan langsung manfaatnya bagi masyarakat. Apresiasi juga diberikan kepada seluruh pihak yang ikut mengambil peran aktif dan mendukung proses mewujudkan inovasi ini,” ungkap Bupati Soekirman.

 Secara simbolis Bupati Sergai kemudian melakukan pengguntingan pita untuk meresmikan berjalanannya ketiga program inovasi tersebut. Dalam kegiatan ini juga diselenggarakan acara tepung tawar bagi jemaah haji, termasuk Bupati Sergai sendiri, yang baru kembali dari menunaikan ibadah di tanah suci Makkah. Mc Sergai/ Vivi

271 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *