Bupati Soekirman Harap Masyarakat Sukseskan Program “ Gema Losari “

Pantai Cermin,

Indonesia merupakan salah satu negara yang dinilai lautnya kurang bersih di dunia setelah RRC, terutama terkait masalah sampah plastik. Sampah-sampah tersebut datangnya dari daratan, yang dibuang sembarangan kemudian mengalir ke parit dan mengalir ke sungai dan pada akhirnya terbawa ke laut.

Demikian disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman pada sambutannya saat mencanangkan Gerakan Membuat Lobang Sampah di Rumah Sendiri (Gema Losari) disela-sela acara Peresmian Inovasi Pelayanan Publik “ Klinik Bina Desa Terpadu” bertempat di Kantor Capat Pantai Cermin, Selasa (3/9/2019).

Turut serta dalam acara Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Staf Ahli Bupati Syafrial Budi, para Kepala OPD, Camat Pantai Cermin, Muspika Kecamatan, perwakilan Poldasu AKBP Zainal Abidin serta ratusan tamu undangan lainnya.

Soekirman menyampaikan bahwa, Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat pada dasarnya tidak menginginkan lautnya dipenuhi oleh sampah. Oleh karenanya kita canangkan Gema Losari yang tujuannya adalah agar sampah-sampah itu terkumpul pada satu tempat (lobang) dan dapat dihancurkan atau didaur ulang maupun digunakan sebagai sesuatu yang lebih bermanfaat.

“ inilah gagasan kita dari pihak pemerintah mencanangkan Gema Losari, kami berharap dapat didukung oleh semua lapisan masyarakat. Untuk itu diimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya kaum terpelajar, agar semuanya turut mensukseskan program Gema Losari ini,” ungkap Bupati.

Sementara dalam dunia pelajar di Sergai, sudah ada yang namanya Gerakan Pelajar Peduli Sampah (Gerappah) dan disaat pelaksanaan haji juga ada Program Pengutipan Sampah yang disebut dengan Gerakan Haji Peduli Sampah (Gerhapa). “ Mudah-mudahan setelah pulang dari berhaji Gerhapa masih terus diterapkan di Kabupaten Sergai,” tandas Bupati penuh optimis. MC Sergai/vivi

308 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *