Dinas Kesehatan – BNN Kabupaten Sergai Gelar Penyuluhan Bahaya Narkoba

Teluk Mengkudu,

Dalam upaya mencegah terjadinya penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah, Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai (Dinkes Sergai) – Puskesmas Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sergai bersinergi untuk menggelar Penyuluhan tentang Bahaya Narkoba di kalangan Pelajar bertempat di SMAN 1 Teluk Mengkudu, Rabu (11/9/2019).

Penyuluhan tersebut dihadiri oleh jajaran Dinas Kesehatan, Puskesmas Sialang Buah dan dari BNN Kabupaten Sergai. Ratusan pelajar antusias mendengarkan pemaparan dari narasumber yang berasal dari BNN Kabupaten Sergai

Mahdalena dari BNN Kabupaten Sergai menyampaikan tentang bahaya dari zat adiktif dan obat-obatan terlarang. Dikatakannya bahwa pada awalnya pelajar yang mengkonsumsi narkoba mereka diawali dengan perkenalannya pada rokok. Bagi pelajar yang sudah mengkonsumsi rokok sehari-hari, mereka tidak mengetahui bahayanya merokok, kebiasaan merokok pun sepertinya sudah menjadi hal yang wajar bagi sederet pelajar saat ini.

Oleh karenanya, Mahdalena menyebut, dari kebiasaan-kebiasaan tersebut pergaulan pelajar terus meningkat. Lama kelamaan para pelajar itu akan bergabung dengan para pecandu narkoba. Awalnya hanya mencoba, lama kelamaan akan ketagihan dan ketergantungan. Jika sudah demikian makan hancurlah generasi muda Indonesia karena narkoba.

Mahdalena juga menjelaskan dampak bahaya penyalahgunaan narkoba diantaranya gangguan pada sistem saraf (neorologis), kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran, kerusakan saraf tepi. Kedua, gangguan pada jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler), infeksi akut otot jantung, gangguan peredaran darah.

Selanjutnya Gangguan pada kulit (dermatologis) penanahan, bekas suntikan dan alergi,
gangguan pada paru-paru (pulmoner), penekanan fungsi pernapasan, kesukaran bernafas, penggesaran jaringan paru-paru, pengumpulan benda asing yang terhirup dan yang terakhir dapat
terinfeksi virus HIV dan AIDS, kata Magdalena.

Disela-sela acara juga dilakukan pemeriksaan urine bagi siswa di SMAN 1 Kecamatan Teluk Mengkudu.(Mc/Sergai/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *