Peresmian Masjid Nurul Hidayah

Bupati Soekirman : Jadikan Masjid Sebagai Tempat Pembinaan Ummat

Perbaungan,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman menghadiri acara peresmian Masjid Nurul Hidayah di Jl Kebun Kelapa Lingkungan VII Kelurahan Tualang Kecamatan Perbaungan, Jumat (13/9/2019).

Atas nama Pemkab Sergai, Bupati Soekirman mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja dalam mensukseskan acara peresmian Masjid Nurul Hidayah ini, dan berupaya samksimal mungkin bergotong royong mengumpulkan dana untuk membangun ini sehingga pada hari ini kita dapat melaksanakan peresmiannya.

Dengan dibangunnya Masjid ini, lanjut Bupati, mudah-mudahan akan dapat menambah dan mendorong semangat bagi warga disekitar Masjid, untuk meningkatkan amal ibadahnya dan berupaya agar memakmurkan Masjid ini dengan cara mendirikan shalat berjamaah, mengadakan pengajian majelis taklim dan pengajian Al-qur’an.

Disamping itu, katanya lagi, Masjid dapat pula dijadikan untuk pembinaan umat dengan berbagai aktivitas jamaah yang pantas dilakukan di Masjid, seperti kegiatan pendidikan keagamaan dan kegiatan sosial lainnya, tukasnya.

Lebih lanjut disampaikan Bupati bahwa, untuk optimalisasi fungsi dan peran Masjid sebagai pusat pembinaan ummat, tidak mungkin dapat dikelola oleh satu atau sekelompok orang, tetapi harus melibatkan semua komponen ummat Islam yang berada disekitarnya agar Masjid itu menjadi makmur karena semua pihak merasa memilikinya.

Soekirman menjelaskan bahwa dalam hal ini, terdapat tiga pendekatan yang dapat dikembangkan dalam mengoptimalkan fungsi Masjid yaitu, pertama Masjid harus dijadikan sebagai lembaga organisasi yang mandiri/independen, berwibawa dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi jemaahnya dalam peningkatan kesejahteraan diri, keluarga dan masyarakat.

Kemudian yang kedua, Masjid harus dijadikan sebagai pusat pembinaan ummat, yang seyogyanya dapat menempatkan diri sebagai pengayom dan tempat berlindung jama’ah nya dalam menghadapi berbagai persoalan kehidupan, dengan komitmen menempatkan kepentingan jemaahnya di atas kepentingan individu, kelompok dan kekuasaan dengan dilandasi semangat persaudaraan.

Selanjutnya yang ketiga, pengembangan fungsi Masjid yang dapat mengakomodir berbagai kepentingan jama’ah nya dalam rangka meningkatkan pelayanan pada jema’ah nya sendiri.

Sebelumnya Panitia Pembangunan Masjid Hidayah, Bagus atas nama ketua pembangunan dan seluruh masyarakat dusun VII Kelurahan Tualang Kecamatan Perbaungan mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah berpartisipasi dalam terlaksananya pembangunan masjid Nurul Hidayah ini dan juga kepada Pemkab Sergai yang sudah memberikan support atas terbangunnya Masjid ini.

Acara juga di rangkaian dengan pengukuhan BKM Masjid Nurul Hidayah dan pemberian santunan kepada anak yatim.

Turut hadir dalam acara, Kakan Kemenag Sergai Dr. Sarmadan Nur Siregar, Camat Perbaungan Benny Saragih, MM, Kabag Kesra Arianto, Ketua MUI Kabupaten Sergai KH. Luckman Yahya, Anggota DPRD Provinsi Sumut Terpilih Dimas Triadji, Panitia Pembangunan Masjid Nurul, BKM Masjid Nurul Hidayah, serta masyarakat sekitar Kelurahan Tualang. Mc Sergai /Vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *