Rapat Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan

Data Menentukan Kebijakan, Perencanaan dan Evaluasi Hasil Pembangunan

 Sei Rampah, Data kependudukan memegang peran penting dalam menentukan kebijakan, perencanaan dan evaluasi hasil pembangunan baik bagi pemerintah maupun swasta dan masyarakat. Oleh karenanya Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menggelar Rapat Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan pada Dinas Dukcapil Sergai Tahun 2019 di Theme Park Resort Kecamatan Pantai Cermin, Senin (16/9/2019).

Dalam kegiatan tersebut hadir Kadis Dukcapil Fitriadi, S.Sos, M.Si, Kabid Pemanfataan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Sergai Hj Rosmaida Saragih, Kabid Pemanfaatan data Disdukcapil Provinsi Sumut Ema Imleda, S, SH, MSP dan didampingi para Kepala Seksi, perwakilan OPD, perwakilan dari Kecamatan, Kepala Puskesmas, Korwil kecamatan dari Dinas Pendidikan. Diela-sela rapat, Kadis Dukcapil Fitriadi, S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa ketersediaan data kependudukan disemua tingkat administrasi pemerintahan (kabupaten, kecamatan, kelurahan) menjadi faktor kunci keberhasilan program-program pembangunan.

Undang-Undang RI Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, menegaskan bahwa dalam perencanaan pembangunan daerah harus didasarkan pada data dan informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan, baik menyangkut masalah kependudukan, masalah potensi sumber daya daerah maupun informasi tentang kewilayahan lainnya. Lebih lanjut disampaikannya, Pemkab Sergai melalui Disdukcapil melayani pemanfaatan data dan dokumen kependudukan yang meliputi nomor induk kependudukan, data kependudukan dan KTP Elektronik.

Kadis Dukcapil menambahkan, sesuai dengan Permendagri Nomor 61 Tahun 2015 tentang persyaratan ruang lingkup dan tata cara pemberian hak akses serta pemanfaatan nomor induk kependudukan, data kependudukan serta lainnya, maka untuk dapat memiliki hak akses pemanfataan data dan dokumen kependudukan diperlukan izin dari Bupati dan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara lembaga pengguna dengan Dinas Dukcapil.

Fitriadi menyebut, lembaga yang dimaskud adalah OPD Kabupaten, Badan Hukum Indonesia yang memberikan pelayanan publik yang tidak memiliki hubungan vertikal dengan lembaga pengguna di tingkat pusat, sebutnya. Oleh karenanya, diharapkan OPD yang memerlukan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan agar menyampaikan permohonan permintaan izin kepada Bupati sehingga segera ditindaklanjuti dengan PKS.

“ Hal ini sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku di Dinas Dukcapil hanya dapat melayani pemanfaatan data dan dokumen kepada lembaga pengguna yang sudah menandatangani PKS dengan Disdukcapil, tandas Fitriadi.

Sementara itu Kabid Pemanfataan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Sergai Hj Rosmaidah Saragih mengutarakan bahwa untuk meningkatkan efektivitas pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat, Pemerintah melalui Mendagri telah mengeluarkan Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak (KIA). “KIA adalah identitas resmianak sebagai bukti diri anak yang berusia 17 tahun dan belum menikah,” kata Rosmaida.

Yang perlu kita pahami adalah, bahwa KIA bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan, dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak konstitusi warga negara, ujarnya. Kembali diutarakan Hj Rosmaida bahwa penerbita KIA diharapkan tidak hanya berguna sebagai kartu, tetapi juga dapat berguna untuk memudahkan anak dalam mendapatkan pelayanan publik di bidang kesehatan, pendidikan, imigrasi, perbankan dan trasnportasi.

Selain itu, tambahnya, KIA dapat diberlakukan sebagai “Kartu Diskon” jika Pemkab Sergai bekerjasama dengan tempat bermain, taman bacaan, tokoh buku, rumah makan atau usaha ekonomi lain. “Nilai tambah pada KIA dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat, khususnya para orang tua yang memiliki anak sehingga lebih bersemangat untuk segera mengurus KIA bagi anak-anaknya,” pungkas Rosmaida. Dalam acara tersebut dilakukan penandatanganan PKS dengan PT Kawasan Wisata Pantai Cermin. Kerjasama ini dalam rangka memberikan nilai tambah KIA, yaitu memberikan diskon harga tiket masuk sebesar 15% bagi anak yang memiliki KIA. Selain itu juga diskon untuk hotel, sewa ban dan sewa loker jika kegiatan diadakan di Theme Park Pantai Cermin. MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *