Dampak Kabut Asap Karhutla, BPBD Sergai Bagikan Masker Gratis Kepada Masyarakat

Sei Rampah,
Akhir-akhir ini, kabut asap yang merupakan dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Provinsi Riau, melanda beberapa daerah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Salah satunya adalah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) yang terpapar oleh kabut asap.

Meskipun masih tergolong tipis, akan tetapi Pemkab Sergai melalui Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Henri Suharto, SH, M.AP menginstruksikan jajarannya untuk malakukan antisipasi dengan memberikan masker secara gratis kepada masyarakat yang melintas di seputar jalan lintas sumatera (jalinsum).  Di Kecamatan Sei Rampah, Kamis (19/9/2019) jajaran yang terdiri dari para Kabid dan ASN BPBD membagikan masker kepada masyarakat pengguna kenderaan bermotor yang melintas di jalan raya.
Saat dilokasi, Kabid Kesiapsiagaan BPBD Sergai Hj Mira Montana, S.Sos bersama Kabid Kedaruratan dan Logistik Juanda Pasaribu,SH, M.Hum mengemukakan bahwa pembagian masker tersebut merupakan program kepedulian dari BPBD terhadap bencana karhutla. “ ini merupakan langkah awal untuk mengurangi resiko dampak asap bagi kesehatan,” kata Mira Montana.  Mira menjelaskan, sekitar 600 masker yang akan dibagikan kepada pengguna jalan di Jalinsum Sei Rampah, kemudian hari ini Jumat (20/9/2019) kembali di lakukan pembagian masker di Kecamatan Dolok Masihul disusul dengan Kecamatan Perbaungan.
“ Kegiatan ini untuk mengingatkan masyarakat betapa pentingnya hutan dan lahan agar tetap dijaga dan dipelihara serta dikelola dengan baik. Dengan menjaga lingkungan maka akan terjaga juga kesehatan kita,” ujar Mira optimis.(Mc/Sergai/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *