Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia, UPT Puskesmas Sialang Buah Gelar Kampanye CTPS

Teluk Mengkudu,

Dalam rangka memperingati hari cuci tangan sedunia, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Kesehatan UPT. Puskesmas Sialang Buah menggelar kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) bertempat di SDN No. 106205 Desa Pasar Baru Kecamatan Teluk Mengkudu, Jumat (18/10/2019).

Turut serta dalam kegiatan, Kepala Puskesmas Sialang Buah dr. Naomi Manalu, Petugas Puskesmas Keliling (Kesling) Rahma Fitri Nst dan Evi Chairah, Kepala Sekolah SDN No. 106205, para guru serta ratusan siswa/siswi SD.

Disela-sela kegiatan, Petugas Kesling Rahma Fitri Nst, dihadapan ratusan siswa SD menyampaikan betapa pentingnya menjaga kebersihan agar terhindar dari kuman serta penyakit. Kegiatan ini juga  untuk memberikan pengetahuan kepada anak-anak agar mencuci tangan dengan benar.

Mencuci tangan pakai sabun merupakan tindakan untuk mengajarkan anak agar disiplin mencuci tangan sebelum makan, setelah dari toilet. Karena mencuci tangan bisa mencegah dan menghindari dari infeksi yang disebabkan oleh virus maupun bakteri yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya, kata Rahma Fitri.

Sedangkan Kepala Puskesmas dr. Naomi Manalu menyampaikan bahwa Kampanye CTPS merupakan gerakan untuk memulai hidup sehat. “ Hal ini merupakan perilaku yang sangat sederhana, akan tetapi bisa melindungi kita dari penyakit selerti diare dan saluran pernapasan,” ungkap dr. Naomi.

Hari cuci tangan sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan. Ini merupakan program rutin dari Puskesmas Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu, tandasnya.

Setelah melakukan Kampanye di sekolah SD, jajaran UPT Puskesmas Sialang Buah kembali melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Desa Pematang Guntung Kecamatan Teluk Mengkudu. Kegiatan ini bertujuan untuk mendata dan menangani pasien ODGJ.(Mc/Sergai/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *