Sambut Tim Wasev TMMD ke-106 Tahun 2019

Bupati Sergai Harap Program TMMD Perkuat Kesatuan dan Persatuan 

Sipisis,
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman, Jumat (18/10/2019) menyambut kedatangan Tim Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Tahun 2019, Mayjen TNI Hasanuddin, SIP, MM selaku Ketua Tim Wassev TMMD dan Penanggung Jawab Operasional (PJO) serta Pendamping dari PJO I/BB di Kabupaten Sergai di Desa Pispis Kecamatan Sipispis.
Hadir dalam acara, Aster Kodam I/BB Kolonel Luhut Marpaung, Danrem 022/PT Kol (Inf) Raden Wahyu Sugiarto, Dandim 0204/DS Letkol (Kav) Syamsul Arifin, Forkompimda, Kadis PMD H. Ikhsan AP, M.Si, Kadis PUPR Johan Sinaga, M.AP, anggota DPRD, Camat dan Muspika, Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Sipispis Ramnah Sinaga, Kapus Sipispis dr. Risnawati, Kepala Desa, para undangan serta masyarakat desa Pispis.
Bupati Soekirman mengucapkan terimakasih atas dipilihnya Kabupaten Sergai sebagai lokasi pelaksanaan program TMMD ke-106 Tahun ini serta mengapresiasi keberhasilan program tersebut yang dipusatkan di Desa Pispis Kecamatan Sipispis ditandai dengan pembangunan jembatan sepanjang 43 meter, pembukaan jalan di Dusun V Desa Pispis sepanjang 700 meter dan 300 meter di Desa Silau Padang, serta pembangunan dua unit rumah tahan angin puting beliung.
Selain pembangunan fisik, lanjut Bupat, melalui program TMMD juga telah dilakukan berbagai kegiatan langsung kepada masyarakat seperti penyuluhan bela negara, penyuluhan anti narkoba, wawasan kebangsaan, hukum dan Kamtibmas, KB-Kesehatan, lingkungan hidup, kehutanan dan mitigasi bencana yang diharapkan mampu menambah wawasan masyarakat tentang permasalahan dan materi dimaksud, juga menjadi sarana mempererat manunggalnya TNI dan masyarakat.
” Keberhasilan program TMMD ke-106 tahun 2019 ini mencerminkan kemanunggalan TNI dan masyarakat, yang pada hakikatnya telah memperkuat kesatuan dan persatuan kita dalam bingkai NKRI,” ujarnya.
Melalui momen ini, Bupati berharap kegiatan yang menyertakan kemanunggalan TNI dan masyarakat terus ditingkatkan sehingga  menjadi lebih baik dimasa yang akan datang.
Dari 237 desa di Sergai, Kecamatan Sipispis khususnya Desa Pispis merupakan salah satu daerah yang terpencil namun masyarakat Sipispis sangat kompak dan kondusif.
Pembangunan jembatan serta hasil TMMD lainnya ini diharapkan menjadi pemancing dan pemacu semangat kita untuk semakin memajukan daerah, demikian harapan Bupati.
Dalam momen yang sama, Mayjen TNI Hasanuddin, SIP, MM, Selaku Ketua Tim Wasev menyampaikan tujuan kedatangannya beserta Tim pada hari ini adalah untuk meninjau, pengawasan dan meminta saran serta masukan dalam rangka mengevaluasi kegiatan yang di selenggarakan TMMD ke-106 Kodim 0204/DS di Kabupaten Sergai.
Mayjen TNI Hasanuddin menjelaskan bahwa sasaran kegiatan fisik yang langsung ditinjau oleh Tim Wasev yakni pembangunan jembatan sepanjang 43 meter dan Normalisasi jalan sepanjang 1.500 meter, pembukaan jalan di Dusun V Desa Pispis sepanjang 700 meter dan 300 meter di Desa Silau Padang, serta pembangunan dua unit rumah anti gempa dan puting beliung, yang mana kegiatan TMMD tersebut merupakan usulan dari masyarakat.
” Tentunya sasaran yang dipilih adalah sasaran prioritas yang sangat penting dan mendesak untuk kepentingan masyarakat yang hasilnya juga akan dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya.
Kegiatan pembangunan melalui program TMMD ini pada hakikatnya yang dituju adalah mempererat dan memperkuat silaturahmi antara kita sehingga apa yang telah kita bangun selama ini akan menjadi lebih kuat dan padu, pungkas Mayjen TNI Hasanuddin.
Begitupun dengan Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Arifin yang menyampaikan laporan terkait progres TMMD ke-106 Tahun 2019 Kabupaten Sergai-Kodim 0204/DS. Sasaran kegiatan TMMD terbagi empat bagian yaitu Sasaran 1 adalah pembukaan jalan penghubung yang telah mencapai progres 65%. Selanjutnya Sasaran 2 yaitu Pembuatan Jembatan berkonstruksi besi, tahapnya telah memasuki 50%. Sasaran 3 yaitu Pembangunan Rumah Tahan Angin Puting Beliung dengan progres 40%. Sasaran keempat yaitu Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni dengan konsep segi delapan dirumah Bapak Suwanto dengan progres telah mencapai 80%.
” Hal-hal menonjol selama kegiatan antara lain hujan deras yang mengakibatkan longsor dibeberapa bagian jembatan dan jalan yang sedang dibangun. Namun semua dapat ditanggulangi dan dalam tahap finalisasi hingga rampung sebelum 31 Oktober 2019,” jelasnya.
Sementara itu tokoh masyarakat Desa Pispis, Rapendi Damanik menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT dan ucapan terimakasih kepada TNI atas apa yang telah diberikan melalui program TMMD. Kami sangat merasakan banyaknya manfaat dari program ini antara lain pembangunan jembatan, pembukaan serta perbaikan jalan disamping pembangunan rumah tahan gempa serta rehab rumah.
” Semoga program ini dapat terus berkesinambungan baik didesa kami maupun desa lainnya serta semakin kuat Manunggal TNI dan masyarakat,” ungkapnya dengsn penuh rasa syukur.
Kegiatan diisi dengan peninjauan pelaksanaan sasaran TMMD, silaturahmi serta pemberian tali asih kepada masyarakat. MC Sergai /Vivi
309 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *