Bupati Hadiri Perayan Natal Keluarga Besar Dinas Pendidikan

Bupati Soekirman  : Jadikan Natal Sebagai Sarana Tingkatkan Rasionalitas dan Ciptakan SDM Unggul

 

Sei Rampah,

Menekankan pesan persaudaraan dan kebersamaan, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman membuka sambutannya dalam Perayaan Natal Keluarga Besar Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai yang digelar di Wisma Karina Kecamatan Sei Rampah, Selasa (17/12/2019).

“Kita harus berjalan seiring, bukan berjalan bertanding, itulah prinsip sahabat,” kata Soekirman yang tampak diamini oleh para hadirin dan tamu undangan yang antara lain mantan Ephorus Emeritus HKBP sekaligus anggota DPD RI Pdt. Dr. WTP Simarmata, MA, perwakilan Forkompimda, Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Manik, MM beserta jajaran, Dosen IPB DR. Dr. Paian Sianturi, Kepala OPD, Camat Sei Rampah Nasaruddin Nasution, S.Sos, Dewan Pendidikan, Ketua DWP Dinas Pendidikan Jumiah Ningsih beserta jajaran, perwakilan Kemenag, perwakilan BKAG, perwakilan GAMKI, Pengurus KERABAT, Korwil Bidang Pendidikan dan Kepala Sekolah SD/SMP/SMA se-Sergai.

Bupati juga berharap agar segenap umat Kristiani bisa menjadikan momen Natal ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan kepintaran serta rasionalitas. Sebab hal tersebut, kata Bupati lagi, menjadi ukuran bagaimana kita mengendalikan 4 emosi yang membuat kita tidak rasional yang pertama yaitu emosi agama (terlalu fanatik dapat membuat tidak rasional), emosi politik (berbeda pilihan politik dapat membuat orang tidak rasional lagi), emosi ekonomi (keterbatasan ekonomi dapat membuat orang menjadi nekat berbuat kriminal selain juga mengakibatkan tingginya angka perceraian), dan emosi cinta (rasa sayang berlebihan membuat orang menjadi tidak rasional lagi, sehingga segala kekurangan justru menjadi kelebihan).

“Mari di hari Natal ini kita tingkatkan dan majukan rasionalitas sebab visi kita adalah menciptakan SDM yang unggul dan mereka yang unggul adalah yang mengutamakan rasionalitas. Mari kita menjadi orang yang bersahabat, maka bersama kita akan tetap berjaya, menjadi Kabupaten terbaik di Sumut,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sergai Merlin Barus menyampaikan penghargaan dan penghormatan atas kehadiran Bupati Sergai Ir. H. Soekirman yang selalu memberikan perhatian kepada umat lintas agama di Sergai serta jajaran Dinas Pendidikan yang telah melaksanakan kegiatan yang sangat meriah dan khidmat ini.

“Momen Natal ini adalah momen khidmat hari Penyelamatan Bagi Umat Kristiani yang setiap tahun kita laksanakan. Sesuai dengan tema Natal, marilah kita semua bersahabat seluruh umat manusia dengan tidak membedakan suku, ras dan agama untuk tetap mempertahankan NKRI yang merupakan harga mati.”

Merlin juga berpesan mendekati gelaran Pilkada tahun depan, mari tetap jaga persatuan dan kesatuan serta kondusifitas daerah serta tidak terpancing oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab yang menginginkan perpecahan di antara masyarakat.

Sementara itu Kadis Pendidikan Sergai Drs. Joni Walker Manik, MM, menyebut terselenggaranya acara ini merupakan berkat kasih Tuhan sehingga seluruh jemaat dan tamu undangan bisa hadir dalam rangka merayakan Natal ini. “Kami memilih pelaksanaan di lokasi ini agar sarana dan prasarana yang ada di Sergai dapat kita manfaatkan sebaik mungkin. Perayaan Natal ini menjadi bukti wujud nyata teamwork dan kebersamaan bahu-membahu Keluarga Besar Dinas Pendidikan sebab bukan hanya personil yang beragama Nasrani saja yang hadir, namun juga yang beragama Islam.

Maka dari itu, sambung Joni Walker, mari ambil inti nilai Perayaan Natal Keluarga Besar Dinas Pendidikan ini untuk memperoleh pencerahan kepada segenap pihak yang hadir guna berbuat lebih banyak dan lebih baik lagi untuk Kabupaten yang kita cintai ini terutama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ketua Panitia Perayaan Natal Keluarga Besar Dinas Pendidikan Sergai Charles Pardosi, S.Pd dalam laporannya menyebut Perayaan Natal ini mengambil tema “Hidulah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang (Yoh 15:14-15)” dengan Sub-Tema “Lewat Perayaan Natal Kita Tingkatkan Persaudaraan dan Kinerja Demi Terwujudnya SDM Unggul”. “Kegiatan ini bertujuan meningkatkan iman dan taqwa seluruh stakeholder yang ada di Keluarga Besar Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai,” kata Charles menutup laporannya.(Mc/Sergai/Nurul)

226 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *