Sambut Tahun Baru Imlek, Bupati Soekirman Silaturahmi dengan Warga Tionghoa

Pantai Cermin,

Menyambut Tahun Baru Imlek ke-2571 tahun 2020 sekaligus mempererat silaturahmi antar kompenen masyarakat di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Bupati Ir. H. Soekirman menyambangi kediaman beberapa tokoh keturunan Tionghoa, Minggu (26/1/2020).

Hadir dalam kegiatan Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Asisten Pemerintahan Umum Hj. Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, Asisten Ekbang Ir. H. Kaharuddin, Kadis Nakerkopum Drs. Nasrul Aziz Siregar, M.Si dan Penasehat MUI Sergai M. Kisai Dalimunthe.

Safari Imlek ini sebut Bupati bertujuan untuk memperkuat silaturahmi antara pemerintah daerah dengan masyarakatnya khususnya warga keturunan Tionghoa yang ada di Kabupaten Sergai. “Tahun ini adalah tahun tikus logam yang bermakna kemakmuran dan kerja keras yang memberikan kesejahteraan. Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek kepada seluruh warga Tionghoa yang merayakan,” ucap Soekirman.

Dalam kesempatan ini juga Bupati memberi apresiasi atas kontribusi warga Tionghoa yang turut berperan penting sebagai penjaga ikatan silaturahmi dan menjaga toleransi bersama seluruh masyarakat di lingkungannya masing-masing. “Saya menekankan komitmen Pemkab Sergai dalam memberikan kesempatan yang sama bagi setiap warga dalam mengekspresikan seni dan budaya secara terbuka. Sergai merupakan Kabupaten toleran yang menjamin masyarakatnya untuk menjalankan aktivitas kebudayaan dan agama. Ini sudah terbukti sejak lama,” katanya lagi.

Bupati meyakini jika ragam tradisi, kebiasaan dan perayaan yang eksis di satu daerah punya pengaruh terhadap tumbuh kembang semangat persatuan dan kesatuan di Tanah Bertuah Negeri Beradat. “Kemudian saya juga berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan sinergi yang baik antara masyarakat dengan pemerintah daerah. Semakin harmonis hubungan masyarakat dan pemerintah akan berpengaruh terhadap kemajuan daerah,” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya Bupati Soekirman tak lupa mengimbau seluruh komponen masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan pada tahun politik dengan tidak terpengaruh provokasi dari pihak-pihak yang ingin memecah belah. “Mari terus bekerja sesuai dengan bidang kita masing-masing secara profesional guna menyukseskan pembangunan daerah agar dapat menjadi Kabupaten yang aman, damai, teduh, dan membawa kebahagiaan, serta tahun-tahun berikutnya menjadi tahun penuh kejayaan bagi semua,” pungkasnya.

Di Safari Imlek ini juga Tokoh Masyarakat Tionghoa Kecamatan Sei Bamban, Acuan, mengucap terima kasih dan apresiasi atas kunjungan dan silaturahmi Bupati Soekirman. “Ini merupakan gambaran sikap pluralisme beliau. Kehadiran beliau juga jadi tanda kalau pemerintah hadir di tengah masyarakat tanpa membeda-bedakan etnis, suku dan agama. Semoga momen Imlek 2020 ini dapat membawa kejayaan bagi kita semua khususnya Bupati beserta jajaran, serta solidnya dukungan atas program pembangunan pemerintah daerah,” harap Acuan.

Iswanto Browo yang merupakan Tokoh Tionghoa Kecamatan Pantai Cermin, didampingi  istrinya Susi Iswanto Browo, saat menerima kunjungan Bupati di Rumah Datuk Pengembara menyambut gembira dan mengucap terima kasih atas kunjungan silaturahmi Bupati Soekirman beserta istri dan keluarga pada tahun baru Imlek 2020 ini.

“ Saya pribadi sangat mengenal Bupati Soekirman sebagai tokoh peduli budaya yang selalu mengingatkan masyarakatnya untuk menjaga seni budaya dalam keberagaman dan toleransi. Terutama setiap kegiatan seni budaya yang saya laksanakan selalu mendapatkan atensi yang besar dengan kehadiran Bupati. Begitupun dengan persatuan, kesatuan dan tolerasi, sampai sekarang warga Tionghoa selalu hidup rukun dan damai berdampingan dengan masyarakat sekitar hingga saat ini.”

Sebagai bentuk rasa syukur, sebut Iswanto, dalam rangka Tahun Baru Imlek 2020 ini Rumah Datuk Pengembara menggelar acara makan bersama, serta hiburan seni budaya untuk masyarakat antara lain barongsai, reog dan atraksi kembang api.

Anggota DPRD Sergai keturunan Tionghoa, Meryanto, atau yang akrab disapa Asom yang ikut serta dalam Safari Imlek Bupati tak ketinggalan mengucap terima kasih dan rasa hormat atas komitmen Bupati yang menjaga dan merawat kerukunan antar suku dan umat beragama di Sergai. Meryanto juga menyebut jika komitmen Bupati tidak terbatas pada seremoni dan normatif, namun juga pada kebijakan yang nyata.

“Ini dibuktikan dengan perhatian yang besar melalui pengalokasian anggaran APBD serta kehadiran beliau pada setiap acara keagamaan Tionghoa. Semoga Tahun Baru Imlek 2020 ini membawa kejayaan bagi kita semua serta toleransi dan persatuan  kita selalu terjaga dengan baik,” tutupnya.(Mc/Sergai/Nurul)

492 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *