Bupati Sergai Hadiri Penutupan MTQ ke-XVI Tingkat Kecamatan Bandar Khalipah

Sei Rampah, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman didampingi Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman menghadiri acara Penutupan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XVI Tingkat Kecamatan Bandar Khalipah di Masjid Baiturrahim Desa Bandar Tengah Kecamatan Bandar Khalipah, Minggu (26/1/2020).

Hadir juga Asisten Pemerintahan Umum Hj.Nina Deliana, S.Sos, M.Si, Asisten Ekbang Ir. H. Kaharuddin, Kadis Nakerkopum Drs. Nasrul Aziz Siregar, Penasehat MUI Sergai H. Kisai Dalimunthe, Camat Bandar Khalifah H. M. Khairi, S.Sos, Muspika, Kepala Desa, Penceramah Ustadz Hotsah Saragih, serta masyarakat se-Kecamatan Bandar Khalifah.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Sergai Ir H Soekirman menyampaikan rasa kebanggaan dan kehormatan atas penyambutan dari masyarakat Kecamatan Bandar Khalifah pada hari ini. “ Inilah wajah Bandar Khalifah yang selalu bersahabat, religius, bersih dan jernih sejernih mata air di Masjid Baiturrahim ini yang tak terlupakan bagi saya,” kata Bupati.

Bupati juga menyampaikan apresiasi atas dilaksanakan MTQ yang nantinya akan terpenuhinya niat menampilkan putra-putri asli daerah yang mewakili daerah dalam perlombaan tilawah, bukan meminjam qori/qoriah dari daerah lain seperti tahun-tahun sebelumnya. “ Sebab akan jauh lebih baik prestasi yang belum maksimal namun dengan mengandalkan putra-putri daerah, ketimbang meraih juara namun memakai putra-putri daerah lain,” katany a.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berharap MTQ ini dapat meraih target 10 besar dalam MTQ di tingkat kabupaten nantinya. Perlombaan ilmu Al Qur’an ini harus terus kita lestarikan dalam rangka menjaga generasi muda dari pengaruh negatif teknologi dan penyalahgunaan narkoba. “ Mari kita tetap fokus melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, jangan terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab menjelang Pilkada tahun ini,” pungkas Bupati.

Sedangkan Camat Bandar Khalifah H.M.Khairi, S.Sos mengutarakan kegiatan ini dalam rangka membangkitkan kembali nama besar Kecamatan Bandar Khalifah yang dahulu memiliki Qori/Qoriah terbaik dan membawa nama baik Kecamatan Bandar Khalifah dan Kabupaten Sergai nantinya.

Saat ini lanjutnya,  ada hal yang sulit dicari di Bandar Khalifah yaitu bibit peserta lomba membaca Al Qur’an (MTQ). Selama ini masih sangat sedikit bibit Qori/Qoriah sehingga terkadang memakai tilawah dari daerah lain.

“ Kami berharap beberapa tahun kedepan akan kembali lahir bibit-bibit tilawah Qur’an yang menjadi kebanggaan daerah melalui kegiatan yang digelar pada hari ini. Para pemenang dari MTQ Tingkat Kecamatan Bandar Khalifah ini nantinya akan mewakili Kecamatan Bandar Khalifah pada event MTQ Tingkat Kabupaten Sergai yang akan digelar dalam waktu dekat,” terang Camat Bandar Khalipah.

Sementara itu  Ketua Panitia MTQ ke-XVI Kecamatan Bandar Khalifah Mulyono mengutarakan kegiatan ini bertujuan menggali dan meningkatkan minat bakat dan menumbuhkembangkan generasi Qur’an dan mendorong rasa bangga terhadap keluarga dan diri kita sendiri.

“ Kegiatan ini diikuti oleh 37 orang dari seleksi yang dilaksanakan di tingkat Desa se-Kecamatan Bandar Khalifah. Kegiatan dilaksanakan di Masjid Baiturrahim dengan 4 (empat) kategori yang diperlombakan yaitu cabang tilawah anak-anak putra/putri, tilawah remaja putra/putri, tilawah remaja putra/putri dan Tartil anak-anak putra/putri.

Sambutan BKM Masjid Baiturrahim, M. Arif Purba, mengungkapkan ucapan terima kasih kepada pemerintah khususnya Bupati-Wabup dan unsur Kecamatan Bandar Khalifah yang telah rutin melaksanakan kegiatan keagamaan khususnya agama Islam. Hal ini sangat positif dalam rangka membentengi generasi muda dalam menghadapi perubahan zaman serta efek negatif penyalahgunaan narkoba yang semakin mengkhawatirkan. “ Kami mendukung segala hal yang baik terutama untuk peningkatan kesejahteraan rakyat Sergai yang aman,damai, sejahtera dan tenteram,” kata Arif Purba.

Guna menambah khidmat acara, Ustadz H. Hotsah Saragih menyampaikan tausiyah berjudul “Mari Kita Jadikan Al Qur’an sebagai Panutan, Cintai dan Baca Al Qur’an sebagai penuntun hidup untuk mendapat keberkahan dari Allah SWT”. MC Sergai/vivi

384 Views

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *