Pemkab Sergai-BNPP RI Gelar Rapat Koordinasi Bahas “Lokpri”

Sei Rampah,

Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) bersama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menggelar Rapat Koordinasi Identifikasi Usulan Program atau Kegiatan Berbasis Lokasi Prioritas (Lokpri) yang dihadiri Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup H. Darma Wijaya, di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (29/1/2020).

Dalam kesempatan tersebut hadir pula Asisten Deputi Infrastruktur Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Drs. Faebuadodo Hia, M.Si, Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP, Sekdakab Sergai H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Kasdim 0204/DS Mayor inf. Muhsin, para Staf Ahli Bupati, para Asisten dan Kepala OPD serta mewakili Kepala OPD Provinsi Sumatera Utara.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) yang dilakukan teknokratik dinyatakan bahwa Pulau Berhala yang berada di Kecamatan Tanjung beringin adalah salah satu di antara pulau-pulau kecil terluar yang merupakan Lokpri untuk 2020-2024.

“Berkaitan dengan hal tersebut Pemkab Sergai sangat mengapresiasi inisiatif dari BNPP RI khususnya dari Asisten Deputi Infrastruktur Fisik yang akan melaksanakan identifikasi atau inventarisasi perogram kegiatan prioritas pembangunan berbasis Lokpri di Kabupaten Sergai sebagai bahan masukan untuk penyempurnaan rancangan Peraturan Presiden tentang rencana induk pengelolaan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan tahun 2020-2024,” kata Soekirman.

Pada kesempatan ini juga, lanjut Bupati, kami sampaikan bahwa Kabupaten Sergai telah menetapkan Perda Nomor 12 tahun 2006 tentang pengelolaan Pulau Berhala sebagai kawasan ECO Marine Tourism atau wisata bahari berwawasan lingkungan atas dasar potensi yang dimilikinya yaitu potensi wisata dan sumber daya alam laut yang beragam.

Sementara itu Wabup H Darma Wijaya menyebut dengan terlaksananya rapat koordinasi ini, besar harapan seluruh usulan program kegiatan prioritas pembangunan kawasan perbatasan dapat diakomodir dalam rencana induk pengelolaan batas wilayah negara dan kawasan perbatasan tahun 2020-2024.

“Ini tentu jadi harapan untuk masa depan pembangunan Sergai. Potensi Sergai masih akan terus digali,” pungkas Wabup.

Asisten Deputi Infrastruktur Fisik BNPP RI Drs. Faebuadodo Hia, M.Si mengatakan bahwa agenda prioritas nasional pengelolaan perbatasan negara Tahun Anggaran 2020 adalah percepatan penyelesaian dan penegasan batas wilayah negara untuk menegakan kedaulatan NKRI dan pemenuhan pelayanan sosial dasar publik dan pembangunan infrastruktur serta pembangunan sarana dan prasarana pemerintah.

“Selanjutnya pengembangan perekonomian masyarakat berbasis potensi wilayah serta pengelolaan dan pengembangan pos lintas batas negara dan penguatan kelembagaan dan regulasi pengelolaan kawasan perbatasan negara serta penataan ruang kawasan perbatasan negara,” kata Faebuadodo.

Sementara itu di kesempatan yang sama Kepala Bappeda Sergai Ir Hj Prihatina, M.Si menyampaikan usulan prioritas kabupaten Sergai kepada BNPP RI adalah Pengadaan kapal penumpang dan normalisasi alur pelayaran sungai Bedagai Bagan Kuala selanjutnya Rehabilitasi dermaga pulau berhala dan Tanjung Beringin

“Selanjutnya pembangunan pemecah ombak pulau berhala dan Kecamatan Tanjung Beringin Pengadaan dan pemasangan lampu penerangan dengan genset dan dermaga apung. Pelatihan bela negara juga dapat dipusatkan di Pulau Berhala dan terakhir pengadaan jaringan internet,” tutupnya. (MC/Sergai/Ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *