Bupati Sergai Buka MTQ Kecamatan Sei Bamban  

Sei Bamban,

Pagelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XVI Tingkat Kecamatan Sei Bamban Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Ir. H. Soekirman. Acara ini sendiri dilaksanakan di Balai Karyawan Desa Sei Bamban Estate Kec. Sei Bamban, Senin (10/2/2020).

Lewat sambutannya, Bupati Soekirman mengucapkan terima kasih atas antusiasme masyarakat Sei Bamban terhadap pelaksanaan MTQ yang dibuktikan dengan meningkatnya jumlah peserta dibanding tahun-tahun sebelumnya. “ Meningkatnya minat untuk mengikuti MTQ menjadi bukti jika kesadaran akan pentingnya  agama sebagai sendi hidup masyarakat juga ikut meningkat,” katanya.

Kemampuan intelektual, sebut Bupati, jika diikuti dengan pengetahuan ilmu agama yang baik akan melahirkan generasi pemimpin di masa depan. “ Semoga kegiatan ini bisa menjadi media bagi generasi muda untuk memupuk fondasi keagamaan yang diperlukan sebagai pengarah diri dalam menghadapi tantangan zaman,” terang Bupati.

Bupati juga menyampaikan keberhasilan Kabupaten Sergai meraih Anugerah Kebudayaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang diserahkan oleh Ketua PWI Pusat dan disaksikan oleh Presiden RI, Joko Widodo serta Menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Selain itu bersama Kabupaten Tanjung Balai, Humbang Hasundutan dan Samosir, Pemkab Sergai juga meraih peringkat B dalam pelaksanaan SAKIP.“ Prestasi ini bukan kerja Pemkab semata, namun juga berkat kerja keras kita semua,” seru Bupati.

Lewat terselenggaranya MTQ ini Bupati juga menitip harap agar nilai-nilai toleransi tetap terjaga.“ Mari kita bahu membahu membangun Kabupaten Sergai seiring dengan harapan masyarakat yang disampaikan melalui deklarasi hari ini dari berbagai suku, agama, etnis seperti warna yang berpadu indah. Semoga Sei Bamban bukan hanya sekadar berwarna, namun juga dapat mewarnai prestasi di tingkat Kabupaten bahkan tingkat Provsu dan nasional,” tutupnya.    Ketua Panitia MTQ Kecamatan Sei Bamban, Azhar, S.Pd.I, dalam laporannya menyebut pelaksanaan MTQ ke-XVI mengambil tema ” Menjadikan Al-Qur’an Sebagai Pondasi Generasi Muslim yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan”. Azhar menambahkan acara ini diikuti oleh 68 kafilah dari 10 desa se-Kecamatan Sei Bamban serta dimeriahkan pawai ta’aruf yang berasal dari seluruh elemen masyarakat Kecamatan Sei Bamban. Sedangkan Kategori yang diperlombakan yaitu tartil anak dan dewasa untuk putra dan putri dan Tilawah anak dan dewasa juga untuk putra dan putri,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Sei Bamban Juniar Marolop Gultom, SH mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bupati Soekirman hadir dalam pembukaan MTQ di kecamatan yang ia pimpin. “ Pelaksanaan MTQ ke-XVI tingkat Kecamatan Sei Bamban ini dilaksanakan dalam rangka menjaring bibit-bibit Qori dan Qoriah yang akan mewakili Kecamatan Sei Bamban dan Kabupaten Sergai pada MTQ Tingkat Kabupaten, Provinsi bahkan nasional.

Rasa salut juga disampaikan Juniar kepada unsur masyarakat Kecamatan Sei Bamban yang bersama-sama bersemangat menyukseskan kegiatan keagamaan sebagai bentuk toleransi antar umat beragama yang terjaga sangat baik di wilayah ini. “ Hendaknya semangat dan kebanggaan kita tetap terjaga dan harapannya agar prestasi Kecamatan Sei Bamban dapat meningkat di pentas MTQ tingkat Kabupaten yang sebentar lagi akan dilaksanakan,” tambahnya.

Dikesempatan yang sama Indra Sahputra yang merupakan Tokoh Masyarakat Sei Bamban menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemkab Sergai yang telah mendukung terlaksananya acara MTQ kecamatan kali ini. “ Melalui kesempatan ini kami menyampaikan apresiasi dan kepuasan atas program pembangunan yang telah dilaksanakan dan akan dilaksanakan Pemkab Sergai di bawah arahan Soekirman-Dharma Wijaya. Diharapkan apa yang sudah baik dipertahankan dan dilanjutkan agar pembangunan selanjutnya semakin merata dan birokrasi semakin mudah bagi masyarakat, ” kata Indra.

Hadir pula dalam kegiatan ini Ketua TP-PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny. Hj Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. Uke Retno Wahyuni Faisal Hasrimy, jajaran Muspika, Para Kepala Desa, TP-PKK Kecamatan dan Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, official dan Khafilah se-Kecamatan Sei Bamban. MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *