STQ dan FSQ Kecamatan Tebing Tinggi Resmi Dibuka,

Bupati Sergai : “ Bidang Rohani Adalah Penyempurna Proses Pembangunan”

Tebing Tinggi,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman secara resmi membuka Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XVI dan Festival Seni Qasidah (FSQ) XVII Tingkat Kecamatan Tebing Tinggi, di Desa Payabagas, Rabu (12/2/2020).

Dalam sambutannya Soekirman menyebut jika pembangunan rohani merupakan penyempurna dari proses pembangunan di bidang lain yang telah dilakukan oleh pemerintah kabupaten.“ Kita patut bersyukur dengan adanya pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, irigasi serta objek penting lainnya. Akan tetapi semua pembangunan fisik yang dibangun tersebut belum sempurna jika tidak disertai dengan pembangunan rohani dan spiritual anak-anak sebagai generasi penerus bangsa, yang memiliki sifat dan budaya Qur’ani,” kata Bupati.

Bupati Sergai menyebut, sebagai umat Islam kita beruntung karena menjadi umat yang tetap membaca dan mengimani Al-Qur’an dan menjadikannya sebagai tuntunan hidup dalam menggapai ridho Allah SWT.

Kegiatan pada hari ini, lanjut Bupati lagi, menjadi bukti usaha bersama untuk mengimbangi pembangunan fisik dengan pembangunan bersifat rohani atau karakter bangsa. Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Tebing Tinggi yang menunjukkan masih bergeloranya, bertumbuh dan berkembang budaya Qur’ani dalam kehidupan sehari-hari.

“ Jika tahun lalu prestasi kecamatan Tebing Tinggi pada pentas MTQ kabupaten belum memuaskan, semoga setelah kegiatan ini akan muncul bibit-bibit Qori dan Qoriah yang dapat membawa harum nama kecamatan hingga kabupaten ke pentas yang lebih tinggi lagi. “ Membaca, menghafal, mengimani dan mengaplikasikan Qur’an dalam kehidupan sehari-hari itu yang paling utama kita tanamkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Bupati lagi.

Tak lupa, Bupati Soekirman mengingatkan masyarakat agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta tidak terpancing provokasi pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab khususnya dalam menyambut gelaran Pilkada tahun ini. “ Kita tetap bersaudara, jangan sampai keharmonisan kita dipecah belah oleh siapapun,” ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berpesan kepada para peserta agar terus menjaga nyala semangat, tetap berlatih jika belum menjadi pemenang, dan kepada pemenang agar tidak berbangga diri karena harus terus mengasah kemampuan agar lebih baik lagi. “ Sedangkan kepada para Dewan Hakim kami sampaikan ucapan terima kasih atas segala yang dilakukan untuk membangun generasi Qur’ani di Kecamatan Tebing Tinggi dan Kabupaten Sergai yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Ketua Panitia Imam Mahyuzar dalam laporannya menyampaikan kegiatan STQ XVI dan FSQ XVII Kecamatan Tebing Tinggi ini digelar mulai 11-12 Februari 2020 dengan mengambil tema “Menjadikan Al-Qur’an Sebagai Pondasi Generasi Muslim yang Berakhlakul Qarimah dan diikuti oleh 121 peserta dari Desa se-Kecamatan Tebing Tinggi.

“ Tujuan kegiatan ini adalah untuk menggali potensi dan bakat generasi Islam di Tebing Tinggi dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa dan menciptakan generasi Qur’ani yang Berakhlakul Qarimah. Cabang STQ dan FSQ yang diperlombakan adalah Tilawah Qur’an, Tartil, serta Qasidah Klasik untuk kategori anak, remaja dan dewasa,” pungkas Imam.

Di kegiatan yang sama, Camat Tebing Tinggi Rudi Irwansyah, M.AP menyampaikan selamat datang dan  terima kasih kepada Bupati dan jajarannya. Kedatangan Bupati jadi bukti hadirnya pemerintah di tengah masyarakat. “ Kami beserta Muspika dan seluruh unsur masyarakat Kecamatan Tebing Tinggi mendukung program pembangunan yang salah satunya melalui pembinaan keagamaan seperti pada kegiatan STQ dan FSQ pada hari ini. Diharapkan dengan kegiatan ini lahir Tilawah dan seniman Qasidah terbaik yang dapat membawa nama Desa, Kecamatan hingga Kabupaten serta selalu diperhitungkan ditingkat daerah maupun nasional,” harap Rudi.

Boirin yang merupakan Tokoh Masyarakat Kecamatan Tebing Tinggi memberi apresiasi setinggi-tingginya dan kebanggaan atas kehadiran Bupati-Wabup beserta jajaran pada kegiatan hari ini. “ Bahwa hari ini kami sangat berbahagia atas perhatian pemerintah daerah pada kegiatan pengembangan syiar agama Islam di Kecamatan Tebing Tinggi. Kami selaku masyarakat menyampaikan dukungan atas keberlanjutan pembangunan di Kabupaten Sergai dan tetap menjaga silaturahmi dalam bingkai Persaudaraan,” kata Boirin mengakhiri.

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekdakab H.M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Ketua DPC GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny.Uke Retno Wahyuni Faisal Hasrimy, Kabag Kesra Arianto, S.Pd, Muspika, Manager Perkebunan PTPN, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama, Kepala Desa, Official, Kafilah, Pramuka, dan masyarakat se-Kecamatan Tebing Tinggi. MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *