Mampu Kembangan SDM, Bupati Sergai Apresiasi Kinerja PKH

Sei Rampah,
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menyambut Jajaran Pelaksana PKH (Program Keluarga Harapan) dalam audiensi pengembangan SDM PKH Dinas Sosial Kabupaten Sergai yang dilaksanakan di ruang audiensi Bupati, Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (24/2/2020).
Bupati menyebut program PKH merupakan bagian dari nafas tagline “Indonesia Unggul” yang sedang digaungkan dan digalakkan oleh pemerintah sehingga Pelaksana PKH harus ada di garis depan, tidak hanya dengan banyak bekerja, namun juga harus ‘banyak bicara’. “Banyak bicara yang saya maksud adalah aktif juga mensosialisasikan hasil kerja nyata yang telah dibuat oleh Jajaran tim pelaksana PKH,” katanya.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga sempat menyampaikan rasa khawatir dengan opini sepihak dari oknum-oknum tertentu bahwa program PKH ini tidak ada fungsinya. Padahal dengan data dan kenyataan di lapangan membuktikan kalau hingga kini PKH terus berjalan dan memberikan manfaat banyak kepada masyarakat luas, terang Bupati.
Lebih lanjut disampaikannya, PKH ini harus terus bekerja baik dan jangan terpengaruh opini dari pihak yang tidak bertanggungjawab tersebut. Ia prihatin dengan hasil kerja nyata PKH yang telah banyak menaikkan taraf hidup kesejahteraan masyarakat namun tidak diapresiasi dengan baik.
Pemerintah daerah, kata Soekirman lagi, melalui pola cascading yang berorientasi mewujudkan suatu program lewat sinergi antar OPD guna mencapai tujuan, bisa diadaptasi polanya oleh PKH sehingga dapat bersinergi dengan lembaga lainnya guna mengefektifkan program pengentasan kemiskinan.
Mengakhiri sambutannya, Bupati Soekirman mengingatkan agar menjaga persatuan dan kesatuan jelang Pilkada yang akan dilaksanakan September tahun ini. “Agar kita menjaga diri dan tidak terpengaruh provokasi dari pihak yang tidak bertanggungjawab, sebab kita semua adalah Bersaudara. Kepada para Pelaksana PKH agar bekerja secara profesional serta harus membangun hubungan baik dengan seluruh elemen masyarakat,” pungkasnya.
Sementara itu di kesempatan yang sama Koordinator PKH Sergai, Sulaiman, S.Pd menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas bimbingan intens Bupati Soekirman dan Wabup Darma Wijaya sehingga program PKH dapat berjalan dengan baik hingga saat ini.
“Saat ini di Kabupaten Sergai terdapat 77 orang tenaga PKH yang hadir sejak tahun 2013 lalu. Sekarang telah dibentuk kelompok-kelompok usaha serta 390 KK yang telah digraduasi agar apa yang dapat dikembangkan di masyarakat dapat terintegrasi dengan KPM (Kelompok Penerima Manfaat) yang ada di Kabupaten Sergai,” terang Sulaiman.
Sulaiman juga mengatakan beberapa kecamatan binaan telah menjalankan program seperti peternakan, pertanian serai dan usaha online. Hal tersebut agar program pemerintah tepat sasaran dan dapat dilakukan pendataan demografis yang lebih sesusai kenyataan sehingga nantinya dapat menghasilkan data kemiskinan yang ada di desa.
“Kita harapkan ada sinkronisasi data dengan keadaan di lapangan. KPM sudah mencapai 17.269 hingga saat ini dan agar program PKH ini dapat bersinergi dan berjalan selaras dengan program kegiatan pemerintah daerah,” tutupnya.
Kepala Dinas Sosial H. Ifdal, S.Sos, M.AP, menguatkan ucapan Sulaiman dan menambahkan dari sekitar 17 ribu KPM, sudah 12.546 KPM yang melakukan transaksi PKH.
“Kita terus bersinergi dan melakukan updating data dengan desa agar mendapatkan informasi yang lebih factual dan tentunya valid,” sebut Ifdal. (MC/Sergai/Ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *