Bersinergi Dengan Pemerintah Daerah, Perhiptani Suarakan Kesejahteraan Penyuluh 

Sei Rampah,
Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat datang kepada Pengurus Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Deli Serdang di ruang audensi Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Senin (24/2/2020).
Bupati Soekirman yang juga menjabat sebagai Ketua DPW Perhiptani Sumut menyampaikan bahwa sudah selayaknya kita beri dukungan kepada pengurus Perhiptani Deli Serdang agar lebih tampil kedepan guna menyuarakan peningkatan kesejahteraan penyuluh pertanian serta para petani.” Harapannya agar kiranya Perhiptani dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah sehingga kegiatan seperti Rakerda dan dalam menjalankan program kerja dapat berjalan dengan baik,” harapnya.
Kemudian, lanjut Bupati, Perhiptani harus tajam dalam membahas permasalahan pertanian dan penyuluh. Seperti sumbangan sektor pertanian pangan terhadap PDRB dengan jumlah sawah yang tersedia harusnya lebih tinggi dari industri, jasa maupun perdagangan. Artinya sektor pertanian pangan selalu menjadi penyumbang PDRB terbesar serta menyerap banyak lapangan kerja bagi masyarakat.
Sedangkan tujuan pembangunan nasional saat ini adalah menciptakan SDM yang unggul. Namun bagaimana ingin Unggul jika Agent of change-nya tidak unggul dari semua sektor. Hal tersebut hendaknya menjadi pokok permasalahan yang dibahas Perhiptani pada Rakerda nanti. Kita tidak ingin ada orang atau bagian yang tidak berdampak secara signifikan, artinya bagian tersebut tidak menjadi bagian yang penting, tandasnya.
Sebelumnya Ketua Perhiptani Kabupaten Deli Serdang Lomo Hutabalian menyampaikan kunjungan ini dalam rangka silaturahmi dan menyampaikan program kerja Pengurus Perhiptani Deli Serdang yang akan melaksanaka Rakerda pada bulan Maret 2020.
”  Agenda Rakerda tersebut salah satunya adalah tentang keberadaan DPC Perhiptani Kabupaten Deli Serdang saat ini akan melaksanakan Rakerda yang terdiri dari beberapa rangkaian antara lain Periodisasi Pengurus 2020-2025,” ujarnya.
Kemudian lanjutnya, jajarannya  akan melakukan Bimtek yang berkaitan dengan Perhiptani sebagai organisasi profesi yang memberikan masukan kepada pemerintah. Selanjutnya bagaimana peran Perhiptani dalam rangka mendukung meningkatkan kesejahteraan para petani. Kemudian terkait  tentang keberlanjutan mengenai PPPK dan berharap masukan serta saran sekalugus dukungan dari Ketua DPP Perhiptani Provinsi Sumut, ungkap Lomo Hutabalian.
Hadir juga dalam audensi tersebut, Sekretaris Dinas Pertanian Almadias, SP, Sekretaris DPD Perhiptani Sumut Ridwan Gultom dan jajaran Perhiptani Kabupaten Deli Serdang.(Mc/Sergai/Nurul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *