Pra-Musrenbang Wilayah Pantai Timur, Bupati Sergai Siap Koordinasi Dengan Provsu

Langkat,

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman menghadiri acara pra-Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Wilayah Pantai Timur tahun 2020 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumut tahun 2021, yang dilaksanakan di Ruang Paripurna DPRD Langkat Kabupaten Langkat, Rabu (26/02/2020).

Sesuai dengan arahan Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Gubsu) H. Edy Rahmayadi, Bupati Sergai siap bekerjasama dengan Pemprovsu dalam pengembangan wisata Pantai Cermin, peningkatan ruas jalan Teluk Mengkudu-Pantai Cermin, serta mendukung akses wisata Pulau Berhala Eco Marine Tourism.

Khusus untuk pengembangan pariwisata di Pulau Berhala dengan konsep Eco Marine Tourism, Bupati berencana mengadakan program Bela Negara yang melibatkan banyak pihak termasuk pelajar dan kelompok masyarakat di pulau dengan luas 2.5 KM2. “ Kita juga berharap dapat lebih mengoptimalkan potensi perikanan, pariwisata dan sumber daya alam lainnya yang terdapat di Pulau Berhala sehingga dapat mendukung upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemerintah daerah,” terang Bupati.

Bupati juga menyatakan siap melakukan koordinasi dengan Pemprovsu dalam mewujudkan 5 fokus utama pembangunan global yang sudah ditetapkan. “Kami akan concern dalam 5 bidang yang menjadi fokus utama pembangunan yang meliputi kesempatan kerja dan berusaha, peningkatan dan pemenuhan akses pendidikan, pembangunan infrastruktur yang baik dan berwawasan lingkungan, penyediaan layanan kesehatan yang berkualitas, dan yang terakhir adalah peningkatan daya saing melalui sektor agraris dan pariwisata,” tutupnya.

Sementara itu Gubsu Edy Rahmayadi mengatakan pembangunan Sumut sendiri dibagi dalam empat wilayah yaitu Pantai Timur, Pantai Barat, Dataran Tinggi dan Nias. Untuk wilayah Pantai Timur terdiri dari Kabupaten Langkat, Binjai, Medan, Deli Serdang, Sergai, Tebing Tinggi, Batubara, Tanjung Balai, Asahan, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu dan Labuhan Batu Selatan.

Untuk itu, Gubsu berharap bahwa pembangunan Provinsi Sumut akan dimulai dari dasar. Pertemuan pra-Musrenbag ini, kata Gubsu, diadakan untuk menyatukan persepsi pembangunan Kabupaten/Kota di Sumut  agar sejalan dan saling cocok dengan visi Provinsi.

“ Dalam rangka membangun Sumut yang bermartabat, mari kita rembug bersama guna mengatur alokasi anggaran yang ada dan semuanya dimulai dari perencanaan yang kita mulai bersama hari ini. Saya berharap Bupati dan Walikota menindaklanjuti hal ini dengan sinergitas yang baik di antara kita,” ungkapnya.

Gubsu Edy Rahmayadi juga mengimbau agar seluruh proses pembangunan harus didasarkan untuk menyejahterakan rakyat. “ Saya harap semua Bupati dan Walikota datang pada Musrenbang nanti dan menjabarkan ke saya apa perencanaaan pembangunan, apa yang menjadi prioritas. Kalau tak mau datang berarti yang bersangkutan tak mau daerahnya maju,” tegas Edy.

Sementara itu Bupati Langkat Terbit Rencana PA yang merupakan tuan rumah kegiatan pra-Musrenbag ini dalam sambutannya mengucap bahwa pertemuan ini akan menghasilkan sebuah tindakan nyata guna meningkatkan perekonomian masyarakat secara terencana dan efektif di seluruh wilayah Sumut. “ Mari bersama-sama kita wujudkan sinergitas yang solid demi mewujudkan Sumut sejahtera,” ujarnya.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh Ketua TP-PKK Provsu Ny. Nawal Edy Rahmayadi, Sultan Langkat Tuanku Azwar Abdul Djalil Rahmad Shah Al Hajj, Forkopimda Provsu, Dan Yonif 8 Marinir Letkol. (Mar) Danang Ari Setiawan, para Bupati/Walikota Wilayah Pantai Timur, Kepala Bappeda, serta undangan lainnya. MC Sergai/vivi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *