Sergai Tingkatan Pelayanan Kesehatan Lewat Poliklinik Bersaudara

Sei Rampah,

Tersedianya fasilitas kesehatan yang mudah dijangkau publik merupakan salah satu syarat penting demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat, seperti yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, saat ditemui di Poliklinik Kesehatan Bersaudara yang berada di Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Selasa (3/3/2020).

“ Dinas Kesehatan membuka Poliklinik Kesehatan Bersaudara yang difungsikan untuk men-screening kondisi kesehatan ASN yang berada di wilayah Pemkab Sergai dan masyarakat umum yang berdomisili di sekitar Pemkab,” terang dr. Bulan.

Lebih lanjut dijelaskan oleh Kadis Kesehatan, seiring dengan tuntutan pemenuhan kebutuhan kesehatan masyarakat dan hasil evaluasi dari Ombudsman RI, Dinkes berupaya untuk selalu tanggap dalam pelayanan publik, salah satunya dengan penyediaan fasilitas Poliklinik.

“ Pelayanan publik yang kami sediakan di Poliklinik Bersaudara ini antara lain alat pengukur tensi darah baik yang manual maupun otomatis. Selain itu tersedia pula nebulizer yang dapat melegakan saluran pernafasan karena berfungsi mengencerkan dahak,” katanya lagi.

Tak hanya itu, kata dr. Bulan lagi, Poliklinik Bersaudara juga dapat didatangi oleh ASN atau masyarakat sekitar Pemkab Sergai yang ingin mendeteksi dini kondisi jantung jika tiba-tiba mengalami nyeri di dada atau area jantung, mengingat sesuai data dari WHO per tahun 2015, angka kematian global sebanyak 31% disebabkan oleh serangan jantung.

“ Kita bisa melakukan monitoring kondisi jantung di sini. Juga disediakan tabung oksigen apabila ada pasien dalam kondisi gawat darurat. Poliklinik Bersaudara pun mampu melakukan screening untuk penyakit-penyakit tak menular seperti hipertensi, diabetes, asam urat, kolestrol dan lain sebagainya,” ujarnya.

Bulan mengajak ASN dan masyarakat yang sedang beraktifitas di sekitar wilayah Pemkab Sergai untuk hadir ke Poliklinik Bersaudara jika mengalami gangguan kesehatan. “Akan dilayani secara profesional dan tentunya tidak dipungut biaya,” pungkasnya.(Mc/Sergai/Nurul/Ardi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *